Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh dan jajaran beserta Bhayangkari mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir lahar dingin di Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko di Banda Aceh, Kamis, melepas keberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam tersebut.

"Kami dari Polda Aceh dan jajaran beserta Bhayangkari berinisiatif untuk membantu rekan-rekan Polri dan masyarakat yang terdampak bencana alam banjir lahar dingin di Provinsi Sumatera Barat," kata Achmad Kartiko.

Jenderal polisi bintang dua itu mengatakan bantuan tersebut berasal dan sumbangan personel Polda Aceh dan kepolisian resor atau polres jajaran beserta istri yang tergabung dalam Bhayangkari.

Bantuan kemanusiaan yang disalurkan tersebut berupa kebutuhan pokok, makanan, minuman, pakaian, selimut, handuk, sarung, perlengkapan ibadah, obat-obatan, dan kebutuhan bayi.

Abituren Akabri 1991 itu berharap bantuan yang dikirimkan tersebut bermanfaat dan dapat mengurangi beban anggota Polri maupun masyarakat yang terdampak banjir lahar dingin.

"Bantuan tersebut setidaknya dapat meringankan beban korban bencana di Sumatera Barat. Kami juga berharap para korban tabah menghadapi bencana tersebut," kata Achmad Kartiko.

Bencana alam berupa banjir bandang yang disertai lahar dingin melanda sebagian wilayah di Sumatera Barat pada Sabtu (11/5).

Tingginya intensitas hujan menyebabkan sungai-sungai yang berhulu di Gunung Marapi meluap, sehingga terjadi banjir bandang lahar dingin di Tanah Datar, Agam, Padang Panjang, dan Padang Pariaman.

Baca juga: Banjir lumpuhkan akses jalan provinsi di Nagan Raya

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024