Sebanyak 393 orang jamaah calon haji Embarkasi Aceh diterbangkan ke Mekkah, Arab Saudi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boing B777-3U3 ER melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu sore.

"Alhamdulillah hari ini kita memberangkatkan 393 orang jamaah, termasuk dengan petugas," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh Azhari di Aceh Besar. 

Jamaah kloter pertama tersebut berangkat sekitar pukul 18.22 WIB, dan bakal mendarat di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi sekitar 21.56 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sebelumnya diberangkatkan, para jamaah tersebut sudah lebih dulu masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh, sehari sebelum jadwal penerbangan.

Jamaah diangkut menggunakan 12 unit bus menuju Bandara SIM, Aceh Besar. Ada beberapa jamaah yang dibawa menggunakan ambulan karena sudah berusia udzur serta dibantu petugas saat masuk ke pesawat.

Saat di Bandara SIM, jamaah juga dikunjungi oleh Wakil Presiden KH Ma'aruf Amin, yang langsung masuk ke pesawat untuk memberi pesan kepada para jamaah.

"Hari ini kebetulan saat jamaah tiba di bandara, pak Wapres mendarat di Aceh, sehingga pak Wapres ingin menyapa jamaah," ujarnya.

Para jamaah kloter pertama yang diberangkatkan ini terdiri dari jamaah asal Aceh Besar 342 orang dan Sabang 43 orang, selebihnya petugas. Dalam kloter tersebut terdapat 42 jamaah lansia laki-laki dan 63 jamaah lansia perempuan. 

Para jamaah kloter pertama ini akan menempati Hotel Loulouat Al Mashaer di maktab 10, wilayah Misfalah. 

"Ada satu jamaah kemarin tiba-tiba sakit, jadi langsung kita ganti dengan jamaah kloter 6. Maka jamaah yang sakit ini Insya Allah akan berangkat dengan kloter 12," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024