Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga (TP-PKK) menyalurkan bantuan pendidikan yang bersumber dari dana zakat masyarakat.

Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Aceh Selatan Yuliani Irvana di Aceh Selatan, Senin, mengatakan bantuan tersebut disalurkan kepada penerima dua desa atau gampong yakni Desa Sapik, Kecamatan Kluet Timur dan Desa Buket Gadeng, Kecamatan Kota Bahagia.

"Bantuan pendidikan itu bersumber dari dana zakat dan infaq yang terkumpul dari muzakki di Baitul Mal Kabupaten  Aceh Selatan. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah untuk kegiatan pendidikan di dua desa tersebut," katanya.

Yuliani Irvana menjelaskan bantuan biaya pendidikan untuk Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, nanti digunakan untuk program desa cerdas. Dalam program desa cerdas tersebut, Gampong Sapik mewakili Aceg Selatan mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

Sedangkan untuk Gampong Buket, Kecamatan Kota Bahagia, kata dia, juga diberikan untuk mendukungan program desa cerdas. Gampong Buket merupakan desa yang akan mewakili Kabupaten Aceh Selatan dalam lomba gampong gammawar tingkat Provinsi Aceh

Gampong mawaddah warahmah (gammawar) adalah desa binaan PKK yang menjalankan sepuluh program pokok PKK secara terpadu, sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK dilaksanakan dengan baik, kata Yuliani Irvana.

"Kami berharap bantuan pendidikan tersebut dapat dipergunakan dengan baik, sehingga tujuan penyaluran bantuan tersebut dapat tercapai dan bisa dipertanggungjawabkan," kata Yuliani Irvana.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan Gusmawi Mustafa mengatakan bantuan pendidikan yang disalurkan kepada kedua desa atau gampong tersebut masing-masing Rp20 juta.

"Selain untuk dua desa tersebut, kami juga akan menyalurkan bantuan kepada gampong lainnya seperti Desa Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah. Desa ini dalam masa pemulihan pascabanjir bandang tahun lalu," kata Gusmawi Mustafa.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024