Organisasi keagamaan Muhammadiyah dikabarkan telah mengalihkan seluruh dananya dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang jumlahnya tidak sedikit. Dana yang dipindahkan santer disebut mencapai Rp13 triliun.

Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar menanggapi pemberitaan tentang keputusan Muhammadiyah tersebut, dengan mengatakan BSI berkomitmen untuk selalu melayani dan mengembangkan ekonomi umat melalui upaya kolaborasi dengan mitra strategis dan pemangku kepentingan.

Melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu,  Wisnu Sunandar mengatakan, BSI juga senantiasa berkomitmen memenuhi ekspektasi seluruh pemangku kepentingan dengan menerapkan prinsip adil, seimbang, dan bermanfaat (maslahat) sesuai syariat Islam.

Baca juga: Waspada penipu berkedok BSI incar nasabah jelang Idul Adha

Perseroan juga akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Terkait pengalihan dana oleh PP Muhammadiyah, BSI berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis dan siap berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam upaya mengembangkan berbagai sektor ekonomi umat. Terlebih bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa,” kata Wisnu.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan untuk mengalihkan dananya serta menginstruksikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk ikut memindahkan dananya dari BSI.

Wisnu mengatakan, BSI terus berkomitmen menjadi lembaga perbankan yang melayani segala lini masyarakat, baik institusi maupun perorangan, untuk meningkatkan inklusi dan penetrasi keuangan syariah.

 BSI juga berupaya menjadi bank yang modern serta inklusif dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah.

Baca juga: Muhammadiyah ungkap alasan Pengalihan dana dari BSI

Selain menggandeng PP Muhammadiyah, BSI sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan Perum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) dalam penyaluran pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi KPR Sejahtera FLPP kepada pegawai di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).
 

Menurut perseroan, kerja sama dengan PP Muhammadiyah memacu inklusivitas dan penetrasi keuangan syariah di Indonesia. Kerja sama ini, untuk membantu pelaku UMKM yang berada di bawah naungan PP Muhammadiyah agar bisa naik kelas (upscale) dan menumbuhkan minat masyarakat yang ingin menjadi wirausaha.
 

Segmen UMKM merupakan salah satu fokus utama BSI di dalam pengembangan ekosistem halal. BSI telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan dengan total sebesar Rp59,2 triliun per Maret 2024, dengan porsi sektor UMKM mencapai Rp46,6 triliun.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Soal Muhammadiyah alihkan dana, BSI: Kami komitmen layani ekonomi umat

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024