Pemerintah Kota Sabang dan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh melakukan kerjasama untuk memastikan ketersediaan pasokan komoditas pangan dari kedua daerah, sebagai salah satu upaya untuk menekan angka inflasi.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Kamis, mengatakan kerjasama itu bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok dan penting lain, serta upaya mengendalikan kondisi harga bahan pokok di wilayah Pidie dan Sabang.

"Bahan pangan memang kebanyakan kita masih bergantung dengan daratan, kecuali ikan. Kalau beras kita pasok dari Pidie dan Pidie Jaya, sementara Sabang sendiri, kita punya cokelat dan beberapa hasil pertanian lainnya," kata Reza di Kota Sabang.

Kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi dan Plh Bupati Pidie Samsul Azhar di Kantor Wali Kota Sabang.

“Terima kasih kepada Pemkab Pidie, mudah-mudahan dengan kerjasama ini kita bisa mengambil langkah konkret penanganan inflasi bersama-sama," ujarnya.

Reza menjelaskan kerjasama ini berkaitan kuat dengan pengendalian inflasi. Tentunya, yang menjadi hal penting dan harus diperhatikan ialah transportasi, mengingat Sabang merupakan daerah kepulauan.

Kata Reza, salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Sabang untuk mengatasi transportasi ialah dengan cara memberi subsidi atau meringankan biaya transportasi bagi pengangkut bahan pokok.

"Dan tentu tidak ada artinya transportasi kalau pasokannya tidak lancar, semoga kerjasama ini berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Plh Bupati Pidie Samsul Azhar mengharapkan kerjasama itu bermanfaat untuk kedua daerah. Upaya yang sudah dilakukan Pemkot Sabang dalam menangani inflasi, juga dapat menjadi acuan untuk diterapkan di Pidie.

Kata Samsul, inflasi menjadi tanggung jawab bersama, sehingga sangat dibutuhkan sinergitas dalam mengambil kebijakan pengendalian inflasi sesuai dengan peran masing-masing.

“Dalam kerjasama ini kita perlu saling mendukung, saya sangat bersyukur atas pertemuan hari ini, semoga kerjasama ini bermanfaat bagi kita bersama," ujarnya.

Baca juga: Aceh Besar-Sabang jalin kerja sama antardaerah jaga inflasi

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024