Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Koordinator Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto mengatakan pihaknya mengantisipasi penumpukan penumpang Lebaran 2017 dengan mengoperasikan bus-bus cadangan yang sudah dipersiapkan.

"Kami terus berupaya mengantisipasi penumpukan penumpang. Hingga H-3 Idul Fitri 1438 Hijriah belum terjadi penumpukan penumpang," kata Heriyanto di Banda Aceh, Kamis.

Heriyanto menyebutkan, jumlah penumpang lebaran dalam beberapa hari terakhir di Terminal Batoh meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya. Penumpang di hari biasa hanya 1.500, namun menjelang Lebaran lebih dari 3.000-an penumpang
   
Kendati meningkat, lanjut dia, semua penumpang terangkut semuanya. Hal ini karena operator sudah menyiapkan bus cadangan, mengantisipasi lonjakan penumpang.

Puncak lonjakan penumpang Lebaran, kata dia, diperkirakan H-2 atau Jumat (22/6) malam. Di mana bersamaan dengan libur pegawai negeri sipilS.

"Kami perkirakan besok malam puncak arus mudik Lebaran. H-1 diperkirakan arus penumpang kembali normal seperti biasanya," kata Heriyanto.

Heriyanto menyebutkan, pihak operator sudah menyiapkan hingga 500 bus menghadapi puncak mudik lebaran. Jumlah bus yang disiapkan ini diperkirakan mencukupi untuk mengantisipasi penumpukan penumpang.

"Kami mengimbau calon penumpang tidak perlu khawatir tidak terangkut. Hanya saja kami minta calon penumpang memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan," kata dia.

Selain itu, Heriyanto mengimbau calon penumpang agar menaiki bus yang terpasang stiker angkutan lebaran. Bus yang terpasang stiker dinyatakan layak jalan.

"Penumpang yang menggunakan bus dari Terminal Batoh ini kebanyakan tujuan Medan. Kami berharap penumpang mudik Lebaran bisa terangkut semuanya," demikian Heriyanto.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017