Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Baitul Mal menyalurkan santunan sebesar Rp586,9 juta kepada 1.677 orang anak yatim tersebar di 12 kecamatan di kabupaten setempat, menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Satunan ini adalah wujud rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT, serta sebagai bagian dari kegiatan rutin setiap tahun menjelang Idul Adha,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, kegiatan santunan tersebut nantinya diharapkan dapat membawa kegembiraan bagi anak yatim, serta dapat membantu meringankan kebutuhan keluarga mereka.

Mahdi mengatakan sebelum dana tersebut disalurkan, calon penerima bantuan sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh pemerintah desa/gampong dengan batasan usia calon penerima maksimal berusia 15 tahun.

Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat, guna selanjutnya diserahkan kepada calon penerima yang berhak. 

Dikatakannya, penyerahan perdana santunan secara simbolis telah dilakukan kepada 13 anak yatim dari Desa Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat dipusatkan di Masjid Besar Al-Hidayah Desa Meureubo.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengharapkan dengan adanya penyaluran bantuan tersebut, dapat membantu meringankan beban para yatim menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Pemerintah Kabupaten Aceh barat juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah mencapai nishab untuk menyalurkan zakat nya melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat.

Sehingga diharapkan dana tersebut dapat dikelola dengan baik dengan penyaluran kepada masyarakat yang membutuhkan dan tepat sasaran tentunya.

Baca juga: Mopen tabrak truk muatan kayu di Pidie, warga Aceh Barat meninggal dunia

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024