Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Anggota TNI bersama masyarakat membangun jalan di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, untuk memudahkan transportasi petani di daerah itu.

Komandan Korem 011 Lilawangsa Kol Inf Agus Firman Yusmono melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Mayor Inf Abdul di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, pembangunan jalan tersebut merupakan salah satu target Operasi Teritorial 2017 di bidang fisik.

Katanya, selain pelebaran jalan dari Dusun Lhok Drien Baru menuju Dusun Halus yang berjarak sekitar 3 Km, juga melakukan perbaikan jembatan gantung yang rusak, sehingga mudah dilalui warga yang berada di dua dusun tersebut.

Ia juga menambahkan, pembangunan jalan itu dimulai dari pembukaan lahan atau land clearing hingga pada tahap pengerasan.

Dengan pengerasan tersebut nantinya akan dapat dengan mudah dilalui warga yang melakukan aktivitasnya sehari-hari, baik untuk sarana bepergian maupun mengangkut hasil bumi, ujar dia.

Ia mengharapkan, dengan dibukanya jalan Lhok Drien dan Dusun Halus itu, akan semakin mempermudah transportasi warga dalam mengangkut berbagai hasil komoditi perkebunan yang ada di daerah Kecamatan Sawang dan sekitarnya.

"Berbagai kegiatan dalam pelaksanaan Opster ini, seperti membangunan jalan dan berbagai sarana fasilitas umum adalah bagian  kemanunggalan TNI dan rakyat," katanya.

Ia menyebutkan, pada acara pembukaan Opster 2017 tersebut di Lapangan Bola Kaki Keude Simpang  Empat, Kecamatan Simpang Keuramat, Kamis (29/6), Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin menjelaskan, bahwa sesuai dengan amanat UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya dalam Operasi Militer Selain Perang adalah membantu pemerintah daerah.

Dalam pelaksaan Opster, TNI membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur dan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mempererat Kebhinekatunggalikaan, serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017