Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mendorong pemerintah kota (pemkot) melalui dinas pendidikan setempat memasukkan program baca tulis Al Quran dalam kurikulum muatan lokal sekolah di ibu kota Provinsi Aceh itu. 

“Saya harap baca tulis Al Quran bisa masuk kurikulum muatan lokal untuk sekolah dasar (SD) hingga menengah (SMP) sederajat di Banda Aceh," kata Anggota DPRK Banda Aceh Musriadi di Banda Aceh, Senin.

Kurikulum tersebut, kata Musriadi, perlu diberlakukan sebagai wujud dari implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pendidikan Diniyah.

Dirinya mengatakan, pada prinsipnya, pelaksanaan qanun pendidikan diniyah ini meliputi tiga poin dasar yaitu, siswa mampu membaca dan menulis Al Quran.

Kemudian, para siswa mampu membaca, menulis dan memahami kitab arab melayu, serta mampu menghafal Al Quran minimal satu juz untuk tamatan SD, dan dua juz tingkat SMP.

Baca: DPRK Banda Aceh usulkan rancangan qanun pendidikan tahfidz quran

Karena itu, Musriadi berharap program tersebut menjadi prioritas dalam kurikulum pendidikan di Banda Aceh guna meningkatkan indikator kinerja utama (IKU). Lalu, juga untuk pemenuhan capaian standar nasional pendidikan (SNP) serta target hafizh quran.

“Kita berharap program pendidikan diniyah menjadi pelajaran wajib pada jenjang SD dan SMP di Banda Aceh. Sehingga mimpi pemko Banda Aceh dalam pemenuhan capaian target hafizh quran tercapai," ujarnya.

Dirinya menambahkan, pendidikan diniyah merupakan suatu pendidikan tambahan tentang agama Islam pada satuan pendidikan formal di Kota Banda Aceh. 

Maka, terhadap siswa yang mampu menghafal Al Quran sesuai yang sudah ditentukan tersebut bisa mendapatkan prioritas dalam memilih sekolah tingkatan berikutnya.

"Saya harap yang menghafal Al Quran bisa diberikan prioritas utama untuk memilih sekolah sesuai kemauannya pada tingkatan masing-masing,” demikian Musriadi.

Baca: 50 santri Dayah Insan Qurani berhasil khatam hafalan Al Quran 30 juz
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024