Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyebut sebanyak 1.562 orang jamaah haji Aceh yang tergabung dalam empat kelompok terbang (kloter) telah kembali ke di Tanah Air dengan selamat.

Ketua PPIH Debarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Minggu, mengatakan data tersebut menyusul kedatangan sebanyak 389 haji kloter 04-BTJ melalui Bandara Sultan Iskandar Muda pada Sabtu (13/7) sekitar pukul 15.57 WIB.

"Malam nanti (Minggu, red) akan tiba jamaah haji kloter 05-BTJ. Insya Allah akan pulang secara bertahap sampai 22 Juli 2024," kata Azhari.

Ia menjelaskan, adapun jamaah haji Aceh yang sudah tiba daerah Tanah Rencong ini meliputi sebanyak 393 jamaah kloter 01-BTJ, kemudian 388 jamaah kloter 02-BTJ, sebanyak 392 jamaah kloter 03-BTJ serta 389 jamaah kloter 04-BTJ.

Saat ini, lanjut Azhari, terdapat sebanyak 3.132 jamaah haji Aceh yang masih berada di Madinah dan bersiap-pulang ke Tanah Air. Menurutnya, masih ada beberapa jamaah haji Aceh dalam perawatan Rumah Sakit Arab Saudi di Makkah. 

"Hingga kemarin, ada dua jamaah yang masih dalam perawatan rumah sakit di Makkah. Jika jamaah dinyatakan sembuh di RSAS, mereka akan dievakuasi oleh tim KKHI Makkah dan KKHI Madinah,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama menanti kepulangan ke Tanah Air, PPIH Aceh mengingatkan seluruh petugas kloter agar dapat menjalankan tugas dengan penuh disiplin, tertib, dan patuh terhadap rambu serta aturan.

"Setiap petugas agar menjadi teladan yang baik bagi para jemaah, serta menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi," katanya.

Azhari juga mengimbau jamaah untuk tetap menjaga kesehatan dengan makan, minum dan istirahat yang cukup, dan mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Jamaah haji agar tidak memaksakan diri beraktivitas di luar ruangan karena cuaca di Madinah masih tergolong tinggi. 

“Kalaupun harus bepergian, tetap mengenakan alat pelindung diri berupa payung, topi lebar dan kaca mata hitam. Jangan lupa membawa air minum untuk mencegah dehidrasi,” katanya.

Baca juga: PPIH: Haji Aceh meninggal dunia di Arab Saudi jadi 13 orang

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024