Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Aceh menjaring calon kepala daerah yang kreatif dan inovatif pada pilkada yang akan berlangsung serentak pada 2018 di tiga kabupaten/kota di provinsi itu.

"Kita menginginkan kepala daerah yang mampu menterjemahkan persoalan rakyat menjadi program yang kreatif dan inovatif dan Nasdem sangat selektif dalam memberikan dukungan," kata Ketua DPW Nasdem Aceh, Zaini Djalil di Banda Aceh, Jumat.

Penyataan itu disampaikan terkait tahapan yang sedang dilakukan partai tersebut dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2018 yang akan berlangsung di tiga kabupaten/kota di Aceh yakni Aceh Selatan, Pidie Jaya dan Kota Subulussalam.

Ia menjelaskan kemampuan untuk mewujudkan program yang kreatif dan inovatif tersebut hanya bisa dijalankan oleh kepala daerah yang berintegritas dan ikhlas.

Menurut dia Partai Nasdem telah membuka pendaftaran sejak 12 Juli- 31 Agustus 2017 yang akan menjaring nama-nama yang diusung dalam pilkada serentak tahun 2018.

"Kita sudah meminta DPD Nasdem di 3 Kab/Kota untuk membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah," katanya.

Ia mengatakan Partai Nasdem menjunjung tinggi prinsip-prinsip akuntabilitas dan integritas, sehingga berkomitmen untuk tidak menerima "mahar" dalam proses penjaringan calon kepala daerah dan hal ini sudah dilakukan pada pilkada sebelumnya.

"Partai Nasdem memiliki keinginan yang kuat dan komitmen yang tinggi dalam mengusung kepala daerah yang professional dan modern, karena itu Partai Nasdem menyadari betul bahwa seleksi dan penjaringan yang akan dilakukan secara bertahap dengan menjalankan mekanisme yang telah diatur dalam ketentuan partai menjadi sebuah keharusan," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan melakukan survey elektabilitas calon secara internal dan dilakukan oleh lembaga survey profesional dan hasil tersebut menjadi salah satu alat ukur guna menentukan arah dukungan.

"Kita juga akan menilai kelayakan kapasitas kelayakan para bakal calon dalam kemampuannya memimpin daerahnya nanti setelah terpilih. Selaku partai politik, Nasdem menginginkan kepala daerah yang betul-betul berkualitas," kata Zaini yang turut didampingi T Banta Syahrizal dan TAF Haikal.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017