Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Sejumlah tokoh masyarakat mulai mendaftarkan dirinya ke sejumlah partai politik untuk menjadi bakal calon (balon) bupati Aceh Selatan pada pilkada serentak 2018.

Pengusaha muda di Jakarta asal Kecamatan Labuhanhaji Timur, H Mirwan dengan didampingi puluhan pendukungnya mendatangi Kantor DPD Partai Nasdem Aceh Selatan, Tapaktuan, Jumat, mengantarkan berkas pendaftaran sebagai balon bupati Aceh Selatan.

Kemudian, sebelumnya, mantan Pj bupati Nagan Raya, H Azwir telah mendaftarkan diri ke DPD PAN dan DPD Nasdem Aceh Selatan sebagai balon bupati Aceh Selatan, Kamis (13/7).

Dengan mengendarai belasan mobil dan sepeda motor dari Labuhanhaji, Mirwan bersama puluhan tim pendukungnya tiba di Kantor Nasdem Aceh Selatan sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedatangan Mirwan dan rombongan diterima langsung Ketua DPD Nasdem Aceh Selatan, H Irfanullah didampingi sekretarisnya, Arisman, Bendahara Ida Morina, Ketua dewan pertimbangan Rizwan dan Ketua Bapilu yang juga anggota DRPK Aceh Selatan dari Nasdem, Rasmadi.

Ketua DPD Nasdem Aceh Selatan, Irfanulah menyampaikan apresiasi kepada Mirwan dan tim pendukungnya yang telah bersedia meluangkan waktu mendatangi kantor Nasdem untuk mengantarkan berkas pendaftaran.

"Sesuai instruksi dari DPP dan DPW Nasdem, pihak DPD Aceh Selatan hanya bertugas membuka pendaftaran dan nama-nama kandidat yang telah mendaftar akan kami serahkan ke DPP melalui DPW untuk dilakukan proses survey," kata Irfanullah.

Proses survey terhadap para kandidat yang akan dilakukan secara serentak oleh pihak DPP tersebut, lanjut Irfanullah, kemungkinan besar akan diumumkan pada bulan Oktober 2017.

"Sejauh ini baru tiga kandidat yang sudah menunjukkan keseriusannya mendaftar diri ke Nasdem. Ketiga kandidat tersebut masing-masing bupati Aceh Selatan sekarang HT Sama Indra, H Azwir dan H Mirwan. Sedangkan dua kandidat lagi masing-masing Teuku Helmi dan TR Fahsul Falah tidak jadi mendaftar," sebut Irfanullah.

Sementara itu, bakal calon bupati Aceh Selatan, H Mirwan mengatakan selain telah mendaftar ke Partai Nasdem, dalam waktu dekat pihaknya juga berencana akan mendaftarkan diri ke DPD PAN, Demokrat, PNA, Hanura, PKB, Gerindra, PKS, PDIP, PKPI dan Partai Aceh (PA).

Saat ditanya sejauh ini partai politik apa yang telah memberikan sinyal positif bakal mengusung dirinya pada Pilkada 2018, Mirwan menyatakan pihaknya telah membangun komunikasi politik dengan seluruh partai politik.

"Saya selaku kader Partai Demokrat tentu optimis akan memiliki peluang besar akan diusung oleh Partai Demokrat. Meskipun demikian, bukan dalam artian mengesampingkan partai lain. Buktinya, seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRK Aceh Selatan kami mendaftar," ujar dia.

Dari gambaran awal, hampir semua parpol yang telah kami bangun komunikasi politik memberi sinyal positif sehingga menjadi energy penting untuk perjuangan kami ke depan," papar H Mirwan.

Sekretaris PAN Aceh Selatan, M Nasir Gani menyebutkan, sejak pendaftaran bakal calon bupati secara resmi dibuka sejak tanggal 7 sampai 27 Juli mendatang, sudah ada dua kandidat yang telah mengambil formulir, yakni Bupati Aceh Selatan sekarang HT Sama Indra (incumbent) dan H Azwir.

"Namun dari kedua kandidat tersebut, yang secara resmi telah mengembalikan formulir baru satu yakni H Azwir, sedangkan HT Sama Indra sedang berada diluar daerah sehingga belum sempat mengembalikan formulir tersebut," kata Nasir Gani.

Menurutnya, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, DPD PAN Aceh Selatan hanya bertugas menerima berkas pendaftaran bakal calon. Sedangkan untuk proses selanjutnya mutlak menjadi kewenangan DPW PAN Aceh dan DPP di Jakarta.

Setelah mendaftar ke DPD PAN, selanjutnya H Azwir bersama tim pendukung langsung menuju ke Kantor DPD Nasdem Aceh Selatan yang berada di Jalan Merdeka, Gampong Pasar, Tapaktuan.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017