Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan seleksi wawancara terhadap 60 orang bakal calon anggota panitia pemilihan kecamatan (panwaslihcam) dipusatkan di Aula SKB Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Seleksi wawancara ini dilakukan, sebagai tahapan penjaringan yang sedang berlangsung saat ini,” kata Ketua Panwaslih Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Juni Effendi kepada ANTARA di Nagan Raya, Kamis.

Menurutnya, seleksi tersebut dimaksudkan untuk menjaring tiga orang peserta untuk ditetapkan sebagai anggota panwaslihcam tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Nantinya, petugas panwaslihcam akan bertugas untuk melakukan pengawasan terkait pelaksanaan tahapan Pilkada serentak yang saat ini sedang berlangsung, hingga tuntasnya pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November mendatang, dan penghitungan suara.

Juni Effendi mengatakan tujuan seleksi wawancara yang dilakukan tersebut sebagai upaya untuk mengetahui tingkat kecakapan masing-masing calon, terhadap kecakapan dalam bertugas nantinya.

Selain itu, seleksi wawancara yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana integritas peserta tes, mengetahui wawasan personal, termasuk ilmu pengetahuan terkait kepemiluan.

“Para peserta juga diseleksi terkait kemampuan mereka dalam menjalin komunikasi dan kerjasama tim, agar nantinya saat terpilih dan bertugas, tugas yang dijalankan di masing-masing kecamatan dapat berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Juni Effendi.

Ia menyebutkan, nantinya seluruh hasil tes wawancara tersebut akan diplenokan oleh Panwaslih Kabupaten Nagan Raya, guna ditetapkan sebagai calon terpilih yang diharapkan akan tuntas pada pekan depan.


Baca juga: Pemkab Nagan Raya presentasi keterbukaan informasi publik ke KIA

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024