Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang, Aceh, meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024 kategori utama, yang dinilai telah berkomitmen tinggi dalam perlindungan kepesertaan program jaminan kesehatan.

Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Jumat, mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi dan komitmen tinggi pemerintah daerah yang telah mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 95 persen dari total penduduk. 

"Alhamdulillah, Sabang menerima penghargaan UHC, ini berkat kerjasama yang baik dari semua pihak. Beberapa kriteria telah terpenuhi, seperti capaian UHC Pemkot Sabang yang mencapai 98,20 persen, dengan tingkat keaktifan peserta tercatat sebanyak 42.745 jiwa," kata Andri.

Penghargaan tingkat nasional itu diterima secara langsung oleh Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman, di Krakatau Ballroom TMII, Jakarta, Kamis (8/8).

Baca: Konsisten jaga inflasi, Sabang terima Rp6 miliar insentif fiskal Kemendagri

Ia menyebut pencapaian tersebut merupakan bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Sabang dalam menjamin layanan kesehatan secara merata, dan memastikan tercapainya cakupan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bersama BPJS Kesehatan, agar setiap warga dapat menikmati akses kesehatan yang layak," ujarnya.

Pemkot Sabang juga mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan dan seluruh pihak terkait, serta masyarakat yang telah berperan aktif dalam mendukung seluruh program pembangunan di Kota Sabang termasuk dalam bidang kesehatan.

"Tentunya harapan kami Pemerintah Kota Sabang juga sama dengan harapan yang disampaikan bapak wakil presiden, untuk mewujudkan perluasan jangkauan kesehatan hingga 100 persen di Kota Sabang," ujarnya.

Baca: Andri Nourman resmi ganti Reza Fahlevi sebagai Pj Wali Kota Sabang
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024