Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar Kemah Budaya Aceh Besar 2024 dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti 32 sekolah di daerah itu.

"Kemah Budaya ini merupakan ikhtiar bersama kita untuk menggugah dan mengajak seluruh generasi muda Indonesia dan masyarakat, termasuk yang ada di Kabupaten Aceh Besar, untuk selalu peduli dan responsif terhadap kemajuan dan budaya yang ada dalam masyarakat Indonesia," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Kamis.

Di sela-sela membuka Kemah Budaya Aceh Besar 2024 di Jantho, ia menjelaskan dalam kemah budaya 2024 tersebut para peserta akan bersaing untuk memperebutkan juara umum tema budaya di tingkat penggalang dan tingkat penegak se-Aceh Besar tahun 2024.

Adapun beberapa jenis lomba yang diadakan meliputi Culinary Festival, permainan rakyat, tradisi masyarakat, dan seni budaya dengan tema budaya.

 Ia menyebutkan Kemah Budaya Aceh Besar tahun 2024 yang akan berlangsung selama lima hari tersebut diikuti oleh 774 peserta yang berasal dari 32 sekolah. Para peserta terdiri dari 19 sekolah tingkat penggalang dan 12 sekolah tingkat penegak.

Ia mengatakan dengan event Kemah Budaya tersebut akan meningkatkan rasa kebangsaan dan semangat untuk melanjutkan pembangunan guna mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Muhammad Iswanto kegiatan tersebut juga bagian dari upaya bersama menggugah generasi muda agar lebih peduli dan responsif terhadap kemajuan budaya dalam masyarakat Indonesia.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berkontribusi positif demi kemajuan bangsa dan daerah melalui kegiatan tersebut dan kegiatan lainnya termasuk pada 8 hingga 20 September 2024, Kabupaten Aceh Besar menjadi salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh dan Sumut.

Kabupaten Aceh Besar menjadi tempat untuk lokasi penyelenggaraan enam cabang olahraga, yakni dayung, kurash, menembak, terjun payung, paralayang, dan selancar.

"Mari kita bersama-sama mendukung dan menyukseskan agenda besar nasional ini. Partisipasi dan dukungan aktif kita semua sangat dinantikan untuk kemajuan daerah," demikian Muhammad Iswanto.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024