Technical Delegate (TD) anggar pada PON XXI Aceh-Sumut menyebut arena (vanue) cabang olahraga tersebut di Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh dibangun sudah sesuai dengan ketentuan standar, sehingga siap untuk digunakan dalam ajang PON XXI pada September 2024.

“Untuk venue anggar ini sudah sesuai standar,” kata Technical Delegate (TD) anggar PON XXI Hans Nayoan di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan, pembangunan arena anggar di Komplek Stadion Harapan Bangsa itu sudah hampir rampung 100 persen, hanya saja tinggal pengerjaan untuk penyelesaian akhir di bagian halaman gedung.

Bahkan, lanjut dia, saa ini pihaknya juga sedang melakukan uji coba arena atau test event PON XXI Aceh-Sumut yang digelar PB PON wilayah Aceh 
sebagai rangkaian uji coba untuk memastikan kesiapan teknis, fasilitas, dan peralatan sebelum dimulai PON XXI pada 8-20 September mendatang.

Hans menilai, pelaksanaan uji coba PON XXI tersebut sangat tepat, agar pihaknya bisa mengevaluasi semua kekurangan dalam penyelenggaraan, sehingga saat PON sesungguhnya nanti diharapkan bisa berjalan dengan baik.

“Di sini kami simulasikan semua bagian, dari kesiapan piste, upacara penghormatan pemenang (UPP), kebersihan dan lainnya. Jadi salah sekarang tidak masalah, bisa kita perbaiki agar waktu pelaksanaan nanti bisa lebih baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, arena anggar PON XXI nantinya terdapat enam piste atau lapangan yang digunakan untuk babak penyisihan. Kemudian ditambah satu piste utama yang digunakan hanya untuk pertadingan final dari setiap nomor pertandingan.

“Ada enam piste nanti. Untuk (piste, red) final kita bawa dari Jakarta, ada lampu di bawahnya sehingga terang hanya disitu saja, supaya lebih mewah, dan digunakan untuk final saja,” ujarnya.

Pada PON XXI mendatang, cabor anggar akan mempertandingkan 12 nomor pertandingan untuk putra dan putri, dengan tiga jenis senjata yaitu floret, sabel, dan degen.

Uji coba PON XXI tersebut diikuti oleh atlet dari berbagai kabupaten/kota di Aceh, serta atlet Provinsi Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Sebagian dari mereka merupakan atlet yang dipersiapkan untuk PON XXI, serta atlet terbaik dari berbagai dari di daerah Tanah Rencong itu.

Baca juga: Arena tarung derajat PON di Aceh belum rampung, begini harapan Pengprov

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024