Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bersama Pemerintah Kota Langsa menyelenggarakan Pesona Pesisir Timur Aceh dalam upaya menyemarakkan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Kegiatan Pesona Pesisir Timur ini merupakan kegiatan sosialisasi serta mempromosikan destinasi wisata dan melestarikan kebudayaan melayu yang berada pada lokasi dari daerah Aceh Timur. Langsa, dan Aceh Tamiang," kata Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh T Hendra Faisal di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan event wisata Pesona Pesisir Timur Aceh yang berlangsung tiga hari yakni 6-8 September 2024 bertajuk 'Menyapa Keindahan, Merangkai Kebudayaan' itu akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kota Langsa itu akan menampilkan beragam atraksi budaya.

Adapun event yang akan disuguhkan di antaranya lomba permainan rakyat, lomba adu pantun, layar sinema melayu, dikee Aceh, dalil khairat, meurokon dan pertunjukan debus.

Ia mengatakan masyarakat juga dapat mengunjungi pameran UMKM yang digelar selama event berlangsung.

Dia mengajak masyarakat di pesisir timur untuk meramaikan kegiatan tersebut yang menghadirkan empat konsep yakni pesona alam, budaya, kuliner dan religi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan potensi yang ada di daerah pesisir timur dan dengan adanya promosi ini kita berharap terciptanya kolaborasi untuk meningkatkan daya tarik pesona pesisir timur," katanya.

Pemerintah Aceh melalui Disbudpar telah meluncurkan Kalender event wisata dan budaya Aceh atau Khazanah Piasan Nanggore (KPN) 2024 dengan total atraksi yang akan digelar sebanyak 50 kegiatan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024