Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) untuk menguji kesiapan aparat keamanan, mengantisipasi gangguan keamanan dalam Pilkada 2024 dipusatkan di halaman mapolres setempat di Meulaboh.

“Sispamkota ini merupakan bentuk dukungan aparat kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif selama tahapan Pilkada,” kata Kabag Ops Polres Aceh Barat, Kompol Muhammad Nasir di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, simulasi sispamkota digelar guna mengecek kekuatan serta mengantisipasi berbagai potensi ancaman dan situasi darurat yang mungkin terjadi selama rangkaian proses Pilkada 2024 yang akan berlangsung.

Dalam sismpamkota tersebut, berbagai skenario dilakukan mulai dari pengamanan massa yang berunjukrasa di kantor KIP dan membendung pengunjukrasa yang mencoba melakukan tindakan anarkis.

"Kita melibatkan personel polres dan Polsek Jajaran dalam simulasi ini, dengan harapan mereka benar-benar siap menghadapi segala kemungkinan terburuk yang terjadi selama berlangsungnya pesta demokrasi," kata Muhammad Nasir menambahkan.

Polres Aceh Barat juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh personel dapat memahami tugas dan peran serta tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan nantinya.

Dengan begitu, personel lebih matang dan benar-benar dalam kondisi siap siaga jika terjadi gangguan keamanan di lapangan, demikian M Nasir.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024