Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat membangun kolaborasi dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah 1 Aceh Kemendikbudristek RI, Pemerintah kota/kabupaten dan lembaga swasta dalam menyelenggarakan berbagai acara atau event memeriahkan PON Aceh-Sumut 2024.

“Lewat kolaborasi ini kita akan menggelar berbagai event budaya dan pariwisata serta expo UMKM/ekonomi kreatif yang bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam, kekayaan budaya, serta potensi wisata Aceh kepada para pengunjung, atlet PON dan wisatawan,” kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan event-event yang akan digelar tersebut saat ini sedang disusun dengan matang, sehingga kegiatan-kegiatan yang dihadirkan tersebut dapat memperkuat citra Aceh sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus menyemarakkan perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

Ia mengatakan lewat event tersebut nantinya para peserta PON dan wisatawan dapat mengenal lebih dekat dan mencintai Aceh, tidak hanya dari segi olahraganya tetapi juga dari sisi kekayaan budaya dan alam yang dimilikinya.

Ia menyebutkan event-event yang dikemas dengan tajuk “Aceh Festival 2024” oleh Disbudpar Aceh mencakup festival budaya, pameran UMKM/ekonomi kreatif, kuliner tradisional, pertunjukan seni, serta paket wisata khusus untuk mengeksplorasi destinasi-destinasi wisata ikonik di Aceh.

Adapun event-event tersebut di antaranya Karnaval Amanah, Festival Pesona Pesisir Timur, Pameran Budaya Aceh, Aceh Perkusi, Expo UMKM dan sejumlah event lainnya.

“Insya Allah, Kami akan merilis segera keseluruhan event yang akan ditampilkan setelah semuanya rampung,” katanya.

Pihaknya optimistis dengan persiapan yang matang dan dukungan dalam bentuk kolaborasi dari pemerintah daerah PON XXI/2024 khususnya wilayah Aceh akan menjadi momentum penting untuk mempromosikan pariwisata Aceh ke tingkat yang lebih tinggi.

“Kami berharap bahwa acara pendukung PON ini dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta PON dan pengunjung/wisatawan. Kami ingin menunjukkan bahwa Aceh tidak hanya menawarkan olahraga, tetapi juga kekayaan budaya dan alam serta produk ekonomi kreatif yang luar biasa,” katanya.

Pihaknya juga mengundang seluruh pengunjung/suporter/wisatawan untuk datang dan menikmati berbagai event menarik yang telah dipersiapkan selama PON berlangsung nanti.

Baca juga: Halaman google tentang informasi penginapan di Sabang kena hack jelang PON XXI

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024