Otoritas Bandara Internasional Blang Bintang Aceh Besar Angkasa Pura II menyatakan untuk menyukseskan pelaksanaan PON Aceh-Sumut pihaknya bersama PB PON dan Pemerintah Aceh telah menyusun skenario operasi kedatangan kontingen dari seluruh provinsi di Tanah Air.

“Saat ini kita terus membangun koordinasi dan juga melakukan berbagai kesiapan dalam penyambutan dan kedatangan berbagai kontingen melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar termasuk melakukan gladi penyambutan,” kata Pgs Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Andika Kusdwiyanka di Blang Bintang, Selasa.

Ia menjelaskan untuk kedatangan pihaknya telah menetapkan alur kedatangan di mana para kontingen akan menggunakan jalur tersebut selanjutnya menuju ke tenda roder yang disiapkan PB PON Aceh-Sumut.

“Mereka akan menunggu di sana dan seluruh peralatan yang dibawa akan diurus. Artinya para kontingen atlet khususnya tidak disibukkan untuk mengambil barangnya di tempat kedatangan,” katanya.

Baca: Inong dan agam Aceh sambut tamu libur sekolah di Bandara SIM

Ia mengatakan untuk mendukung dan menyukseskan PON Aceh-Sumut, Otoritas Bandara Internasional juga menyiapkan tiga hal utama yakni persiapan prosedur, kesiapan fasilitas dan sumber daya manusia.

“Khusus SDM kita juga telah membuat surat keputusan internal terhadap personel yang akan terlibat dalam operasional di mana, setiap harinya jumlah petugas yang akan bertugas sebanyak 50 orang dan memberlakukan sistem lembu,” katanya.

Pihaknya meyakini dengan berbagai persiapan yang terus dilakukan  serta koordinasi dengan semua pemangku kepentingan berbagai prosedur dan alur kedatangan dan keberangkatan akan berjalan maksimal.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Super Air Jet, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional di antaranya Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.

Baca: AP siap operasikan Bandara SIM hingga 24 jam dukung PON Aceh
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024