Sebanyak 928 orang mahasiswa Kabupaten Aceh Tamiang mendapatkan bantuan beasiswa prestasi dan kurang mampu, sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah pada dunia pendidikan.

Pj Bupati Aceh Tamiang Asra, Selasa, mengatakan bantuan beasiswa tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (ABPK) 2024 melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Aceh Tamiang.

“Ini bantuan belajar. Meskipun jumlahnya tidak besar namun ini sebagai bukti kehadiran Pemkab dalam mencerdaskan anak bangsa,” kata Asra di sela-sela penyerahan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa di Aceh Tamiang.

Ia menjelaskan beasiswa tersebut disalurkan untuk mahasiswa diploma tiga (D-III) hingga strata dua (S2) yang berprestasi dan kurang mampu.

Asra berharap bantuan belajar tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa Aceh Tamiang dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Doakan semoga tahun depan jumlah beasiswa ini akan lebih besar dari tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setdakab Aceh Tamiang Ismail mengatakan pihaknya telah memverifikasi berkas permohonan bantuan beasiswa bagi 928 orang mahasiswa. Mereka terdiri dari 830 mahasiswa berprestasi DIII, D-IV dan S1.

Kemudian, untuk mahasiswa S2 berprestasi yang mendapatkan beasiswa sebanyak 19 orang dan mahasiswa kurang mampu sebanyak 79 orang.

“Besaran beasiswa yang diterima mahasiswa S2 berprestasi sebesar Rp2,5 juta, D-III, D-IV dan S1 berprestasi dan kurang mampu sebesar Rp950 ribu. Dana beasiswa langsung di CMS (transfer, red) ke rekening masing-masing penerima beasiswa,” ujarnya.

Baca juga: Kelompok tani di Aceh Tamiang menangkan gugatan tingkat MA

Pewarta: Dede Harison

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024