Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Tim SAR Banda Aceh mengevakuasi anak buah kapal (ABK) mengangkut peti kemas berbendera Jerman karena sakit di Selat Benggala.

Kapten KN SAR Kresna 232, Supriadi di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, ABK yang dievakuasi bernama Zoric Darco, 49 tahun, warga negara Kroasia. Yang bersangkutan dievakuasi karena sakit ginjal.

"Evakuasi berlangsung Rabu (2/8) sekitar pukul 09.00 WIB. Evakuasi dilakukan di Selat Benggala sekitar tujuh mil dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh," kata Supriadi.

Zoric Darco merupakan anak buah kapal Basle Express dengan nakhoda Tragor Roland Peter. Kapal mengangkut peti kemas tersebut dari Valencia tujuan Singapura.

Supriadi menyebutkan, KN SAR Kresna 232 berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Selat Benggala, titik pertemuan dengan kapal Basle Express sekitar pukul 07.45 WIB.

Sekitar pukul 08.20 WIB, KN SAR Kresna 232 merapat ke lambung kiri kapal Basle Express. Kemudian, tim evakuasi dari bea cukai, kantor karantina, polisi, dan TNI AL, naik ke kapal melakukan prosedur pemeriksaan.

Setelah prosedur pemeriksaan dilakukan, tim akhirnya mengevakuasi Zoric Darco ke KN SAR Kresna 232 sekitar pukul 09.00 WIB dan bergerak kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh
   
"Dari Pelabuhan Ulee Lheue, ABK kapal Jerman warga negara Kroasia tersebut dibawa ke Rumah Sakit Harapan Bunda, Banda Aceh, untuk perawatan lebih lanjut," kata Supriadi. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017