Tim Bola Basket Jawa Timur berhasil unggul dengan Provinsi Bali pada pertandingan  putra 5x5 dengan skor 73-64 poin di Gor Harapan Bangsa Pekan Olahrga Nasional (PON)XXI Aceh-Sumut 2024.

Pertandingan kedua tim tersebut berlangsung alot dari quarter pertama, di mana anak asuh R Aries Herman tertinggal jauh dengan tim besutan I Gusti N dengan skor akhir 9-20 poin.

“Kita mengakui tim basket Bali sangat kuat mereka terus melakukan penyerangan terhadap Daniel William Tunaset dan kawan-kawan dan rebounds mereka sangat tinggi,” kata Pelatih Tim Basket Jawa Timur R Aries Herman di Gor Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Di quarter kedua tim asal Surabaya tersebut kembali mengatur strategi untuk menyerang guna menambah poin yang tertinggal jauh, namun usaha tersebut belum tercapai karena mereka harus puas dengan poin 26-34 poin.

Serangan demi serangan dan tembakan baik yang dilakukan dari dalam lingkaran, luar lingkaran dilakukan bertubi-tubi, namun atlet dari pulau dewata tersebut masih mampu membendung serangan tersebut.

Tertinggal poin pada dua quarter, Daniel dan kawan-kawan kembali mengatur strategi untuk menyaingi dan menyeimbang permainan yang reboundnya lebih banyak dikuasi tim Pulau Dewata dengan 64 total rebounds.

Lewat serangan dan tembakan serta sejumlah peluang yang ada mampu dimanfaatkan oleh tim Jawa Timur dengan meraih poin 53-46 poin pada kuarter ketiga sehingga anak-anak dari Pulau Dewata tertinggal poin.

Pada laga penentua tersebut kedua tim terlihat saling menyerang dan memperketat pertahanan agar masing-masing dapat menambah poin agar mampu menjadi pemenang dalam babak penyisihan tersebut.

Jatim dengan pencatatan rebounds di bawah Provinsi Bali yakni 47-64 berhasil unggul pada laga akhir tersebut dengan skor yang berhasil dikumpulkan 73-64 poin.

Daffa menjadi salah satu penyumbang poin terbanyak dalam laga melawan dengan tim dari Pulau Dewata yang berlangsung di Gor Harapan Bangsa Banda Aceh.

“Tim Bali merupakan tim yang tangguh sehingga pertandingan berlangsung sangat alot dan kami sempat tertinggal poin hingga dua quarter dan lewat strategi yang kita susun kembali untuk menghalau rebounds mereka, tim mampu menjadi pemenang dalam laga penyisihan ini,” katanya.

Bagi mereka semua tim yang turun dalam Basket 5x5 merupakan tim yang tangguh dan untuk menjadi pemenang dengan target medali emas adalah menguatkan mental anak-anak.

“Salah satu modal untuk meraih kemenangan dan membawa pulang medali emas adalah memperkuat mental anakan-anak sebagai sang juara,” katanya.

Tim Basket Jawa Timur akan berhadapan dengan Jawa Tengah pada Selasa (3/9) di Gor Harapan Bangsa dan pada hari yang sama Tim Bali akan berhadapan dengan tim asal DKI Jakarta.

Berikut pemain Jawa Timur

Jaya Setyadi

Calsen Vierry

Elang Satria Rajendra

Jordan

Dewa Putu Ismu Taruna

Daffa

Kevin Otniel

Aven Ryan

Muhammad Iqbal

Bobby Geraldo

Daniel William Tunasey

 

Pemain Provinsi Bali

I Gusti Ngurah B K

Putu Ivan Krisna

Gede Elgi

Gede Diky

Adrien Maxime Alain

Raden Nathaniq

Oka Ananta

Steven Ignasius

Aidan Alfred Mdon

Julian Alexandre

Ida Bagus Prandnya

AA Gede Agung B

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024