Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh melaksanakan kegiatan workshop pelatihan pelatih untuk 48 cabang olahraga terukur, beladiri, akurasi dan permainan di Banda Aceh, 3-6 Agustus 2017.

Ketua pelaksana T Rayuan Sukma di Banda Aceh, Sabtu menyatakan, kegiatan bertema "Tingkatkan Kualitas Pelatih Menuju PON XX Tahun 2020 Papua ini diikuti oleh masing-masing dua orang perwakilan dari 48 cabor.

Kegiatan dibagi dalam dua paket, yaitu dari tanggal 3 hingga 4 Agustus untuk cabang olahraga terukur dan akurasi dan tanggal 5 hingga 6 Agustus untuk cabang beladiri dan permainan.

"Setiap cabor dibagi dalam kelasnya masing-masing. Jadi kegiatan ini terdiri dari empat kelas,"  kata Rayuan Sukma yang juga Wakil Ketua III KONI Aceh Bidang Litbang.

Kepada para pelatih, Rayuan menekankan kegiatan yang sumber anggarannya dari KONI Aceh ini agar dapat diikuti dengan serius, karena jika seluruh materi dapat diterapkan dengan benar, nantinya akan berdampak pada prestasi para pelatih dalam membina atlet.

"Menjadi pelatih bukan hanya sekedar pelatih, harus ada prestasi. Jangan sampai hanya menghabiskan waktu tetapi tidak pernah punya prestasi, itu sangat disayangkan," kata Rayuan.  
Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak mengatakan, workshop yang dilaksanakan kali ini adalah bagian dari program persiapan KONI Aceh tahun 2017 untuk menghadapi Porwil serta Pra-PON 2019 dan PON XX Tahun 2020 Papua.

Selain pembinaan para atlet melalui Pemusatan latihan daerah (Pelatda) Desentralisasi tahun 2017, KONI Aceh juga ingin mendongkrak kualitas para pelatih, salah satunya melalui workshop yang dilakukan kali ini.

"Jadi ini terobosan baru KONI Aceh, kita melakukan persiapan jauh-jauh hari," kata Abu Razak.  
    
"Ini juga bagian dari persiapan kita untuk menjadi calon tuan rumah PON XXI tahun 2024," tambah Abu Razak.

Kepada para atlet Abu Razak berpesan agar dapat mengikuti workshop dengan serius dan aktif, karena nantinya setiap peserta akan diminta mempresentasikan kembali materi-materi tersebut, untuk melihat apakah para pelatih sudah menguasai materi atau tidak.

Materi-materi yang disampaikan pada workshop kali ini antara lain, kebijakan KONI Aceh, dasar-dasar kepelatihan, teori dan metodelogi latihan kondisi fisik, manajemen pengelolaan latihan, dan gizi olahraga.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017