Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh menerima 38 unit bantuan perangkat internet jenis Very Small Aperture Terminal (VSAT) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). 

“Bantuan VSAT ini diberikan dalam rangka memudahkan akses internet melalui Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas kepada wartawan di Nagan Raya, Rabu.

Menurutnya,  perangkat tersebut nantinya akan ditempatkan di 38 lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Nagan Raya, termasuk kantor desa, sekolah, dan puskesmas. 

Fitriany Farhas mengatakan dengan adanya perangkat VSAT ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan akses informasi, pelayanan publik, serta kualitas pendidikan dan kesehatan di wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau oleh jaringan internet.

“Alhamdulillah, bantuan yang kita terima ini merupakan hasil usulan tahun 2023 yang lalu kepada Kementerian Kominfo, terima kasih kepada BAKTI Kominfo atas dukungannya,” kata Fitriany Farhas menambahkan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya, Nila Kasma menjelaskan bahwa VSAT adalah perangkat komunikasi yang menggunakan satelit untuk menyediakan konektivitas internet dengan antena parabola kecil berukuran 0,96 meter.

"Saat ini sedang dilakukan pemasangan perangkat VSAT di 38 lokasi, dan diharapkan selesai pada akhir September 2024 sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Sebagai informasi, SATRIA-1 adalah satelit broadband milik Pemerintah Republik Indonesia yang dirancang untuk menyediakan layanan akses internet di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil yang belum terjangkau akses internet melalui jaringan kabel serat optik atau Base Tranceiver Station (BTS).

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024