Sulawesi Selatan (Sulsel) merebut medali emas nomor tim regu putra cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Jawa Timur di final

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Rabu, Sulsel mengalahkan Jawa Timur dengan skor 2-0. Dari hasil pertandingan tersebut, Jawa Timur berhak atas medali perak.

Kemenangan Sulawesi Selatan tersebut diraih dari tim pertama dengan skor 2-1 (10-15, 15-11, dan 15-13. Serta tim kedua menang dua set langsung dengan poin 15-9 dan 15-7.

Sulawesi Selatan melaju ke partai final setelah mengalahkan Sumatera Barat dengan skor 2-0 di babak semifinal. Sedangkan Jawa Timur mengalahkan Jakarta dengan skor tipis 2-1.

Sulawesi Selatan bergabung dalam Grup A dengan Sumatera Utara, Jakarta. Dalam penyisihan grup Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan mengalahkan Sumatera Utara dan Jakarta masing-masing dengan skor 3-0.

Sedangkan Jawa Timur bergabung dalam Grup B bersama Aceh dan Sumatera Barat. Jawa Timur menjadi juara grup setelah mengalahkan Aceh dan Sumatera Barat masing-masing dengan skor 3-0.

HM Amkar, pelatih sepak takraw putra Sulawesi Selatan, mengatakan kemenangan yang diraih anak asuhnya merupakan keberuntungan karena Jawa Timur diperkuat sejumlah atlet pelatnas.

"Jawa Timur merupakan tim kuat, sehingga mereka berhasil masuk final. Di pertandingan final, anak-anak bermain lepas sama seperti pertandingan sebelumnya di babak penyisihan grup dan semifinal. Jadi, tidak ada strategi khusus di partai final ini," kata HM Amkar.

Sementara itu, Oni Dyar Akhyanto, pelatih sepak takraw putra, Jawa Timur, mengatakan anak-anak Sulawesi Selatan bermain lebih bagus. Pemain yang diturunkan juga lebih berpengalaman serta diperkuat beberapa atlet pelatnas.

"Sulawesi Selatan bermain lebih baik dan anak-anak juga sudah berjuang dengan baik. Anak-anak sempat memberi perlawanan ketat,  tetapi hasil akhir memihak kepada Sulawesi Selatan," kata Oni Dyar Akhyanto.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024