Riau dan Jawa Tengah (Jateng) mengunci tiket perempat final nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Riau memastikan tiket fase gugur tersebut setelah mengalahkan Aceh pada pertandingan penyisihan Grup A di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Senin.

Dalam pertandingan tersebut, Riau berhasil mengandaskan tuan rumah Aceh dengan skor meyakinkan, 2-0. Riau menang dua set langsung dengan poin 15-9 dan 17-15 

Nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut, Riau dan Aceh bergabung dalam Grup A bersama Jawa Tengah serta Sumatera Utara.

Riau dan Jawa Tengah akan saling berhadapan menentukan juara Grup A. Juara Grup A mendapatkan bye dan langsung ke semifinal. Sedangkan peringkat dua Grup A berhadapan dengan juara Grup B yakni Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau tampil sebagai juara Grup B setelah menang atas Sulawesi Tengah 2-1 (13-15, 17-15, dan 17-15) serta Banten dengan skor 2-1 (15-11, 11-15, dan 15-11). Sedangkan, Sulawesi Tengah mendampingi Kepulauan Riau ke perempat final setelah menjadi peringkat dua Grup B.

Gorontalo memastikan diri menjadi juara Grup C setelah menang dua kali di babak penyisihan grup. Gorontalo menang atas Lampung 2-0 (15-8 dan 15-4) serta mengalahkan Kalimantan Utara 2-0 (15-7 dan 15-5).

Penyisihan Grup C menyisakan satu pertandingan antara Kalimantan Utara berhadapan dengan Lampung. Pemenang pertandingan tersebut akan mendampingi Gorontalo ke babak perempat final.

Sementara itu, Nabawi, pelatih Riau, mengaku pertandingan anak asuhnya berhadapan dengan Aceh berlangsung imbang. Hanya saja, anak asuh bermain dengan baik, sehingga mampu memenangi pertandingan.

"Kekuatan di sepak takraw ini merata dan berimbang. Jadi, siapa yang siap bertanding, ini yang menang. Berhadapan dengan tuan rumah, kami tidak hanya melawan tiga pemain, tetapi juga pendukung. Alhamdulillah, anak-anak mampu memenangi pertandingan," kata Nabawi.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024