Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh merekrut sebanyak 2.338 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pilkada 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat KIP Kota Banda Aceh Muhammad Zar di Banda Aceh, Rabu, mengatakan ribuan KPPS tersebut bertugas di 334 tempat pemungutan suara yang tersebar di 90 gampong atau desa dari sembilan kecamatan.

"Ada sebanyak 2.338 anggota KPPS yang direkrut. Saat ini, pendaftaran calon anggota KPPS sedang berlangsung hingga 24 September 2024. Bagi yang berminat segera mendaftar," kata Muhammad Zar.

Muhammad Zar mengatakan KPPS bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Setiap TPS beranggotakan sebanyak tujuh orang. Tugas mereka mempersiapkan dan melaksanakan pemungutan suara serta menghitung surat suara hasil pemungutan.

Sedangkan syarat mendaftar sebagai KPPS, kata dia, di antaranya pendidikan minimal sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, sehat jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkoba, tidak pernah dihukum berdasarkan putusan pengadilan, dan lainnya.

"Pendaftaran calon anggota KPPS dilakukan di Panitia Pemungutan Suara atau PPS di desa masing-masing. Seleksi meliputi administrasi dan wawancara," kata Muhammad Zar.

Muhammad Zar menyebutkan KIP Kota Banda Aceh juga membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas menjadi anggota KPPS dengan ketentuan memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Menurut dia, kesempatan tersebut merupakan komitmen KIP Kota Banda Aceh dalam memberikan hak yang sama kepada penyandang disabilitas untuk ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara pesta demokrasi.

"Setiap warga negara memiliki tanggung jawab dan hak yang sama dalam menyukseskan Pilkada 2024. Karena itu, kami membuka kesempatan kepada penyandang disabilitas sebagai penyelenggara pilkada, dalam hal ini KPPS," kata Muhammad Zar.

Pilkada di Kota Banda Aceh digelar bersamaan antara pemilihan wali kota dan wakil wali kota dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024