Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Aceh Besar mengakibatkan sekitar 22 pohon tumbang hingga menerbangkan atap sekolah MTsN 7 Kuta Baro kabupaten setempat.

"Pohon tumbang di badan jalan lintas gampong maupun lintas jalan nasional, dan juga ada pohon tumbang menimpa rumah warga masyarakat," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, di Aceh Besar, Rabu.

Dirinya menyampaikan, BPBD telah menerima laporan pohon tumbang di sejumlah titik dalam wilayah Aceh Besar sejak pagi hingga siang hari sekitar pukul 15.00 WIB.

Peristiwa pohon tumbang itu terjadi di Blang Bintang, Kompleks Bela Negara Rindam, Balai Benih Ikan (BBI) Jantho Baru, Jalan Pante Desa Ingin Jaya, dan Miruk Taman.

Kemudian, juga kawasan di Krueng Anoi Kuta Baro, Mon Mata Lhoong, Ladong Krueng Raya, Desa Neusok Darul Kamal, Ladong, dan Lam Manyang Peukan Bada.

Dirinya menuturkan, pohon tumbang di badan jalan Aceh Besar sempat mengakibatkan terganggunya aktivitas masyarakat yang melintas jalan, bahkan laju ambulans yang membawa pasien rujukan dari Ladong ke RSUD Zainal Abidin juga terhambat. 

Selain mengganggu lalu lintas, pohon tumbang juga ada yang menimpa rumah warga di Kecamatan Lhoong dan kendaraan roda empat milik warga juga ikut terangkat oleh akar pohon yang tumbang.

"Untuk saat ini pembersihan selesai dilakukan, lalu lintas juga normal kembali," demikian Ridwan Jamil.


 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024