Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Sunawardi menerima penghargaan dalam ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

"Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, di Grand Ballroom Birawa, Hotel Bidakara Jakarta," kata Pj Bupati Abdya Sunawardi yang dihubungi dari Blangpidie, Rabu.

Sunawardi mengungkapkan rasa syukur dan harapannya agar penghargaan ini dapat memacu kinerja aparatur pemerintah di Kabupaten Abdya. 

“Alhamdulillah, tahun 2024 ini kita meraih penghargaan SAKIP Award 2024. Semoga akan memacu kinerja aparatur pemerintah di Kabupaten Abdya,” ujarnya 

SAKIP Award 2024 mengusung tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju”, yang dihadiri oleh para wali kota/bupati dari seluruh daerah.

Kata dia, SAKIP Award 2024 merupakan ajang penghargaan bagi instansi pemerintah yang telah menunjukkan kinerja akuntabilitas terbaik.

Evaluasi akuntabilitas kinerja ini dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 88 Tahun 20211.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berharap acara ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam pelaksanaan akuntabilitas kinerja yang progresif dan inovatif. 

Selain itu, SAKIP Award juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pembelajaran interaktif antar instansi pemerintah melalui pelaksanaan peer teaching oleh pemerintah daerah yang telah menerapkan praktik terbaik dalam SAKIP.

"Mari kita dukung bersama upaya peningkatan akuntabilitas kinerja demi Indonesia yang lebih maju," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Abdya cari solusi, truk sampah kembali beroperasi

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024