PT Jasa Raharja Cabang Aceh memberikan layanan pengobatan gratis bagi calon penumpang dan awak angkutan umum di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu Banda Aceh, sebagai salah satu upaya untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan.

Sub Pelayanan Jasa Raharja Cabang Aceh Eka Putra Dewa Jaya Lingga di Banda Aceh, Kamis, mengatakan pengobatan gratis ini merupakan salah satu kegiatan tanggung jawab sosial Jasa Raharja kepada masyarakat melalui program Mobile Unit Kesehatan Lalulintas (MUKL) yang berlangsung tiap tahun.

“Sasarannya itu untuk penumpang angkutan umum dan awak angkutan umum. Seperti nakhoda, awak kapal, penumpang, supaya sebelum berangkat mereka dalam kondisi fit. Termasuk juga penyedia jasa awak angkutan umum lain disini,” kata Eka.

Dokter dan perawat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti melakukan tensi tekanan darah, memberikan vitamin dan obat-obatan secara cuma-cuma, sekaligus memastikan bahwa penumpang dan awak angkutan umum dalam kondisi prima.

Ia menjelaskan, kegiatan MUKL ini diselenggarakan secara rutin dua kali dalam sebulan bekerjasama dengan Dokkes Polda Aceh. Aksi sosial ini berlangsung secara bergantian, baik di Terminal Batoh Banda Aceh, Terminal Lueng Bata Banda Aceh dan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh.

Kata Eka, Jasa Raharja merupakan salah satu pemangku undang-undang tentang keselamatan angkutan umum, sehingga layanan pengobatan gratis ini menjadi alternatif guna memastikan para penumpang dan awak angkutan umum dalam kondisi fit saat perjalanan laut maupun darat.

“Alhamdulillah respon masyarakat sangat bagus, penumpang juga, bahkan seperti di pelabuhan mereka penyedia jasa-jasa di pelabuhan juga ikut, jadi sangat positif,” ujarnya.

Melalui program MUKL, Eka berharap masyarakat lebih mengetahui tentang Jasa Raharja serta lebih mengenal tentang keselamatan saat dalam perjalanan, baik menggunakan transportasi darat maupun angkutan laut.

“Apalagi (kondisi kesehatan) awak angkutannya yang memang bertanggung jawab terhadap penumpang saat perjalanan,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024