Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Aceh Barat meraih penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik dalam penyelenggaraan statistik sektoral tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala BPS Aceh Barat, Rudi Hermanto kepada Kepala Dinas Kominsa Aceh Barat diwakili Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Dedy Jefernal, di sebuah hotel di Meulaboh, Aceh Barat.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas upaya Diskominsa Aceh Barat dalam meningkatkan kualitas dan akurasi data statistik guna mendukung pengambilan kebijakan di berbagai sektor dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat," kata Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Dedy Jefernal kepada ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, prestasi ini juga mencerminkan kolaborasi yang baik antara Diskominsa sebagai walidata dengan BPS sebagai pembina data dan berbagai instansi terkait dalam mengembangkan sistem informasi statistik yang efisien dan akurat. 

"Kami berharap penghargaan ini, bisa menjadi pelecut semangat bagi Diskominsa Aceh Barat untuk terus berinovasi dalam penyelenggaraan data dan statistik guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan," kata Dedy Jefernal menambahkan.

Dengan adanya penghargaan ini, Diskominsa Kabupaten Aceh Barat bersama BPS akan terus melakukan penguatan terhadap penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Aceh Barat secara terintegrasi.

Sehingga data tersebut nantinya dapat dipertanggungjawabkan serta dapat dibagi dan digunakan dengan mudah bagi siapa saja yang memerlukan data sektoral. 

"Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas data, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat maupun para pengguna data," demikian Dedy Jefernal.

Kepala BPS Aceh Barat, Rudi Hermanto, menyebutkan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada OPD dan instansi terkait lainnya yang terlibat dalam penguatan statistik sektoral di Kabupaten Aceh Barat.

Ia berharap kedepannya statistik sektoral di Kabupaten Aceh Barat akan semakin baik, mengingat data sektoral ini merupakan instrumen penting dalam setiap pengambilan keputusan oleh Kepala daerah sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. 

Selain Diskominsa, pada kesempatan itu penghargaan juga diberikan kepada Radio Republik Indonesia (RRI) dalam kategori Media Publisitas Statistik Terkolaboratif Kabupaten Aceh Barat 2024, Dinas Kesehatan Aceh Barat dalam kategori OPD dengan Penyampaian Data Aceh Barat Dalam Angka 2024 Terbaik, serta Dinas Dukcapil dan DP3AKB sebagai OPD Paling Responsif dan Kolaboratif dalam Kegiatan EPSS 2024.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024