Rumah BUMN Aceh memamerkan sebanyak 200 jenis produk unggulan khas Aceh miliki berbagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan dalam ajang Malaysia International Tourism Expo 2024 di Pahang, Malaysia.

CEO Rumah BUMN Aceh Helmi, Selasa, mengatakan keterlibatan Rumah BUMN Aceh dalam ajang ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung UMKM di daerah Tanah Rencong itu agar bisa menembus pasar global.

"Ini bukan hanya soal memperkenalkan produk, tetapi juga memberikan wawasan global kepada UMKM binaan dan tim Rumah BUMN Aceh,” kata Helmi saat dihubungi dari Banda Aceh.

Baca juga: 2.200 produk UMKM terjual dalam Rumah BUMN Aceh Fest 2.0 momen PON XXI

Dalam ajang internasional ini mulai 8-10 Oktober 2024 ini, Rumah BUMN Aceh memboyong 200 jenis produk unggulan khas Aceh dari 55 UMKM binaan, dengan harapan ke depannya dapat membuka jalan ke pasar internasional.

Tak hanya memanfaatkan untuk memperkenalkan produk asal daerah Serambi Mekkah ini kepada pengunjung pameran, Rumah BUMN Aceh juga mengikuti business matching yang dihadiri 100 potensial buyer dari berbagai negara, termasuk China, Thailand, Rusia, hingga Uni Emirat Arab. 

Keikutsertaan Rumah BUMN Aceh dalam acara ini, lanjut Helmi, merupakan langkah strategis untuk memperluas pasar global bagi produk-produk unggulan UMKM binaan Rumah BUMN Aceh. 

“Kami berharap event ini membuka jalan bagi UMKM untuk menembus pasar internasional," ujarnya.

Ia menambahkan partisipasi Rumah BUMN Aceh dalam Expo ini diharapkan menghasilkan kontrak bisnis dengan potensial buyer, yang menjadi salah satu bukti nyata kontribusi BUMN dalam mendorong UMKM untuk go global. 

Partisipasi Rumah BUMN Aceh dalam ajang ini mendapat dukungan penuh dari Bank Syariah Indonesia (BSI), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Telkom.

Event ini merupakan bukti komitmen BUMN dalam memberdayakan UMKM agar mampu bersaing di kancah global, serta terus mendukung perkembangan ekonomi daerah melalui promosi produk-produk lokal,” ujarnya.

Baca juga: Rumah BUMN Aceh Festival 2.0 sambut kontingen PON XXI dengan produk khas di bandara

Sementara itu, Konsul Bidang Ekonomi KJRI Johor Bahru Mohamad Rizali Noor mengatakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru berkomitmen untuk terus mendorong UMKM Indonesia go global, melalui upaya berkolaborasi, salah satunya kerjasama seperti dengan Rumah BUMN Aceh.

“Kami mengapresiasi Rumah BUMN Aceh yang telah berpartisipasi dalam event ini,” ujarnya.

Baca juga: Karya Nyata Festival Vol.7 catat transaksi UMKM Rp250 juta sehari

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024