Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aceh menyebut kegiatan Karya Nyata Festival Vol.7 BUMN yang berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh mencatat transaksi usaha mikro kecil menengah (UMKM) mencapai Rp250 juta pada hari pertama.

Chief Financial Officer (CFO) Rumah BUMN Aceh Salman di Banda Aceh, Minggu, mengatakan pihaknya menargetkan transaksi UMKM selama Karya Nyata Festival Vol.7 pada 1-2 Juni 2024 mencapai Rp400 juta.

“Target penjualan dua hari Rp400juta. Alhamdulillah di hari pertama kita sudah sampai Rp250 juta-an dengan 16 ribu pengunjung,” kata Salman.

Baca juga: Karya Nyata Festival Vol.7 BUMN resmi dibuka di Banda Aceh

Ia menjelaskan pelaksanaan Karya Nyata Festival Vol.7 tersebut menyedot perhatian masyarakat untuk berdatangan melihat berbagai pertunjukan sekaligus berbelanja di 86 gerai UMKM binaan Rumah BUMN serta enam gerai Rumah BUMN di Aceh.

Meliputi Rumah BUMN Sabang, Banda Aceh, Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Tengah dan Aceh Tamiang. Mereka juga memamerkan berbagai produk UMKM unggulan dari masing-masing daerah.

“Angka penjualan ini berasal 86 gerai UMKM dan enam gerai Rumah BUMN, belum termasuk gerai UMKM yang berada di luar barricade acara. Sebanyak 86 UMKM ini hasil kurasi dari ratusan UMKM yang mendaftar,” ujarnya.

Karya Nyata Festival Vol.7 menghadirkan beragam acara seperti Festival Kopi Sareng, lomba mewarnai bagi anak usia 7-8 tahun, lomba video reels Instagram, lomba masak srikandi BUMN, lomba mobile legend, hingga pelatihan UMKM.

Selain itu, juga menghadirkan berbagai hiburan seperti penampilan artis nasional Budi Doremi, ada juga grup musik One Way, kemudian Rial Doni, serta perkusi syair Islam etnik budaya Aceh serta senam jantung sehat dan fashion show produk unggulan binaan Rumah BUMN Aceh.

CEO Rumah BUMN Aceh Helmi Fadli menjelaskan Karya Nyata Festival Vol.7 dilaksanakan Rumah BUMN Aceh yang didukung penuh oleh Kementerian BUMN serta Bank Syariah Indonesia (BSI), Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta BUMN lainnya di Tanah Rencong.

Karya Nyata Festival Vol.7 diharapkan dapat mengangkat berbagai potensi lokal sekaligus mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Aceh.

“Karya Nyata Festival Vol.7 ini salah satu upaya dari Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN untuk mendorong agar UMKM kita bisa naik kelas,” ujarnya.

Baca juga: Karya Nyata Festival Vol.7 perkuat ekosistem UMKM di Aceh

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024