Blangpidie (ANTARA Aceh) - Ratusan aparat keamanan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) membersihkan pantai wisata sepanjang tiga kilometer di Kecamatan Susoh dalam rangka menindak lanjuti surat telegram Komando Armada Republik Indonesia kawasan barat.

Komandan Pos TNI AL Abdya, Letda Laut (T) Ajat Sutrajat, di Blangpidie, Selasa, mengatakan, acara pembersihan pantai yang dilaksanakan sepanjang tiga kilometer tersebut dimulai dari kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Susoh.

Petugas bersama ormas dan masyarakat setempat juga membersihkan lokasi wisata Pantai Jilbab di Desa Palak Kerambil hingga ke Pantai wisata Desa Ladang, Kecamatan Susoh. 

''Acara bersih pantai ini kita gelar dalam rangka menindak lanjuti surat telegram Komando Armada RI kawasan barat. Jadi, seluruh jajarannya hari ini serentak melaksankan kegiatan bersih sungai dan pantai,''ujarnya

Acara yang berlangsung Selasa (22/8) tersebut dihadiri Dandim 0110, Letkol Inf Puji Hartono, Kapolres AKBP Andy Hermawan, Wabup Abdya Muslizar, kepala SKPK, Ormas, mahasiswa, masyarakat dan ratusan TNI-Polri wilayah setempat.

''Pos AL Abdya ini merupakan perpanjangan tangan Lanal Simeulue. Jadi, kami sebagai prajurit harus mampu menjadi pelopor kebersihan sungai dan pantai,'' tutur Ajat Sutrajat.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Abdya untuk tidak membuang sampah di sungai, dan dipantai, supaya, sungai dan pantai menjadi bersih sepanjang masa.

''Kondisi laut, sungai dan pantai kita saat ini sangat mengkuatirkan akibat pembungan sampah sembarangan, untuk itu kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai, laut dan sungai,'' demikian Ajat Sutrajat.



Sementara di Aceh Singkil


Untuk menjaga lingkungan kebersihan di kawasan pesisir pantai, TNI dan masyarakat  bergotong royong membersihkan pantai dengan cara memungut sampah pantai wisata pulosarok, Aceh Singkil, Selasa. 

Selain pembersihan sampah-sampah dipantai itu, juga dilakukan penaman pohon cemara di tepi pantai yang diawali oleh Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali selanjutnya, Perwakilan Dandim 0109/Singkil, Kapolres Aceh Singkil, sejumlah sejumlah SKPK ,Danpos TNI Angkatan Laut Singkil dan sejumlah Ormas/LSM pemerhati Alam. 

Komandan Lanal Simeulue melalui Danpos TNI AL Singkil, Letda Laut Pelaut Suriyadi Liwa, dalam sambutannya, mengatakan kegiatan pembersihan dilakukan di seluruh kawasan pantai barat berdasarkan telegram Panglima Armada RI Kawasan Barat, melaksanakan pembersihan dipantai Pulosarok serta ajakan kepada Masyarakat untuk tidak membuang sampah plastik ke Sungai dan Laut. 

Pesan dari Panglima Armada RI kawasan Barat, kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar lebih peduli pentingnya kebersihan lingkungan sejak dini. Karena sungai, pantai dan laut itu bukanlah tempat sampah yang besar.

Mari kita jaga kelestarian alam, kebersihan pantai dan kita didik anak-anak sejak dini untuk mencintai kebersihan, dan tanamkan pola pikir mencintai lingkungan, ajak Suryadi. 

Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali dalam kesempatan itu menyatakan, sangat mengapresiasi kegiatan pembersihan pantai yang digagas TNI AL Singkil. "Mari kita jadikan Aceh Singkil memiliki penilaian daerah yang bersih, agar menjadi kesan bagi pengunjung yang datang," katanya. 

Alam Laut merupakan masa depan anak-anak cucu kita dimasa yang akan datang. jika tidak dimulai kesadaran untuk membersihkan mulai sekarang, maka masa depan biota laut dan sungai tidak lagi dapat dinikmati Alam laut sangat perlu sekali dijaga. 

"Berhentilah membuang sampah di kawasan pantai, seluruh masyarakat harus bersama-sama menjaga aset terbesar kita, buanglah sampah pada tempatnya," tutur Sazali. 


Pewarta: Suprian dan Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017