Jantho, Aceh Besar (ANTARA Aceh) -  Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengemukakan pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII 2018 akan dipusatkan di Kota Jantho (ibukota kabupaten), karena sarana dan fasilitasnya lebih lengkap.

"Kita sudah putuskan, pelaksanaan PORA XIII dipusatkan di Kota Jantho, kecuali untuk beberapa cabang olahraga seperti renang, menembak, dan atletik," kata Mawardi di Jantho, Kamis.

Sebelumnya, pelaksanaan PORA 2018 direncanakan tersebar di kawasan Aceh Besar. Kini Pemkab Aceh Besar memutuskan pelaksanaan PORA XIII dikonsentrasikan di Kota Jantho.

"Mengenai pemindahan sudah clear semua. Alasan pemindahan salah satunya adalah lahan yang mahal. Kalau disini (Jantho) sudah siap semua lahannya," ujar Bupati.

Karena itu, untuk kesiapan pelaksanaan PORA XIII, Aceh Besar akan membangun dan merehab venue-venue baru. Salah satunya adalah pembangunan Jantho Sport City yang luasnya 16 hektare. Hingga saat ini 10 hektare lahan sudah terealisasi.

Ditanyai persentase kesiapan hingga saat ini, Mawardi menjelaskan, pihaknya sudah merealisasikan 40 persen kesiapan. Finishing diperkirakan akan terealisasi pada bulan Juli atau Agustus 2018.

Bupati Mawardi menyatakan, pihaknya juga meminta bantuan dari Pemerintah Aceh untuk kelancaran persiapan PORA XIII.

"Mohon didukung dari anggaran provinsi  dalam bentuk bantuan keuangan. Tapi kalau dalam sistem tender dengan pengesahan yang lama, itu saya khawatir. Tapi kalau sistemnya dengan bantuan keuangan, pengesahan anggaran yang cepat Insya Allah akan selesai tepat waktu," kata Mawardi.

Bagi Aceh Besar, khususnya Kota Jantho, Mawardi mengatakan, PORA ini dijadikan sebagai momentum emas untuk memperkenalkan Jantho dan pembangunannya. Pembangunan venue diusahakan berstandart internasional, sehingga nantinya bisa dipakai untuk pelaksanaan PON 2024.

"Pembangunan beberapa venue baru sudah dianggarkan, lima diantaranya sudah ditender," jelasnya.

Sementara itu, Sekum KONI Aceh M Nasir mengingatkan agar kepanitiaan PP PORA yang sudah disusun untuk segera dikirim ke KONI Aceh agar di SK-kan.

"Perlu juga disusun jadwal pelaksanaan yang tepat, karena hal itu akan berhubungan dengan kesiapan kabupaten dan kota sebagai peserta PORA XIII 2018.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017