Puluhan hektare kebun kelapa di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Aceh, diserang hama.

Rosban, petani setempat di Simeulue, Rabu, mengatakan serangan hama terjadi sejak setahun terakhir. Serangan hama tersebut menyebabkan daun kelapa berlubang-lubang, menguning, serta membuat jumlah buah kelapa menurun drastis.

"Serangan hama ini sudah terjadi dalam setahun ini. Ada ratusan pohon kelapa yang diserang hama yang belum diketahui jenisnya itu," kata Rosban.

Petani kelapa di desa itu sudah melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah kecamatan dan pihak terkait lainnya. Sebab, dikawatirkan jika dibiarkan bisa semakin merusak tanaman kelapa yang ada di sekitar desa dan juga Simeulue.

"Kami sudah laporkan permasalahan hama ini. Semoga segera ditindak lanjuti," kata Rosban.

Sementara itu, Camat Teupah Selatan Aleksender mengatakan pihaknya sudah meneruskan laporan terkait permasalahan hama yang menyerang tanaman kelapa di Desa Pasir Tinggi ke dinas terkait. 

"Kami juga sudah koordinasikan dengan pihak dinas terkait agar hama yang merusak pohon kelapa di Desa Pasir Tinggi itu dapat segera di tangani," kata Aleksender.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Simeuleu Hasrat Abubakar mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi terjadinya hama tersebut untuk melakukan pengecekan dan upaya penanganan.

"Hama menyerang tanaman kelapa tersebut adalah artona. Kami segera menangani serangan hama tersebut," kata Hasrat Abubakar.
 

Pewarta: Ade Irawansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024