Pemerintah Lhokseumawe, Provinsi Aceh mengharapkan pemerintah pusat melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat segera menghibahkan aset Rumah Sakit Arun kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe, dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan, Rabu, mengatakan bahwa Rumah Sakit Arun memiliki potensi besar untuk menjadi fasilitas kesehatan unggulan di Kota Lhokseumawe. Saat ini, rumah sakit ini masih berada di bawah pengelolaan LMAN sebagai salah satu aset negara. 

"Hingga saat ini Lhokseumawe menjadi salah satu kota yang belum memiliki rumah sakit di Aceh. Kami sangat berkepentingan agar Rumah Sakit Arun bisa dihibahkan untuk digunakan oleh Pemkot Lhokseumawe," ujarnya di Lhokseumawe.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh itu saat meninjau layanan kesehatan terhadap pasien di Rumah Sakit Arun yang terletak di Lhokseumawe, bersama Kejaksaan Negeri Lhokseumawe.

Dalam kunjungan itu, Hanan melihat sejumlah pasien terpaksa dirawat di luar ruangan karena jumlah pasien melebihi daya tampung. Namun, karena status saat ini masih pinjaman, maka Pemkot Lhokseumawe tidak dapat melakukan perluasan maupun peningkatan fasilitas.

Sebab itu, menurut Hanan, apabila aset tersebut dilakukan hibah ke Pemkot Lhokseumawe, maka akan memungkinkan pemerintah kota untuk segera melakukan pembenahan, baik dari segi infrastruktur maupun fasilitas medis di Rumah Sakit Arun. 

"Untuk itu, kami sangat berharap LMAN dapat menghibahkan aset ini kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe. Dengan demikian, pengelolaannya bisa lebih maksimal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat," ujarnya.

Pemkot Lhokseumawe berharap proses hibah dapat dipercepat, mengingat urgensi peningkatan pelayanan kesehatan, tidak hanya bagi masyarakat Lhokseumawe, tetapi juga daerah sekitar seperti Kabupaten Aceh Utara, Bireuen dan Bener Meriah. 

"Kami optimis, dengan adanya sinergi antara pemerintah pusat melalui LMAN dan pemerintah daerah, proses hibah ini dapat berjalan lancar. Kami berkomitmen untuk menjadikan Rumah Sakit Arun sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Aceh yang mampu memberikan pelayanan medis terbaik," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024