Ribuan aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Senin pagi mengucapkan ikrar netralitas dalam pelaksanaan Pilkada 2024 dipusatkan di halaman kantor bupati setempat di Meulaboh.

Apel ini di pimpin Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Azwardi didampingi sejumlah pejabat pemerintah daerah.

“Pelaksanaan apel ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk menyelaraskan langkah dan komitmen menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024,” kata Pj Bupati Aceh Barat Azwardi di Meulaboh, Senin.

Ia menyebutkan, saat ini sebagian tahapan Pilkada sedang bergulir dengan agenda pemilihan berlangsung pada tanggal 27 November mendatang.

Dalam hal ini, kata dia, netralitas ASN secara tegas telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

Azwardi mengatakan ikrar netralitas ASN yang telah diucapkan tersebut, harus mampu dipertahankan, sekaligus menjadi bukti integritas dan profesionalisme ASN di tahun politik 2024.

“Asas netralitas ASN dan non ASN dalam Pilkada 2024, menekankan agar ASN tidak berpihak dari segala pengaruh mana pun, tidak memihak kepada kepentingan siapa pun,” kata Azwardi.

Ia juga meminta ASN tidak melibatkan diri atau ikut neng kampanyekan suatu calon tertentu yang berkontestasi di Pilkada.

Sejumlah bentuk pelanggaran netralitas ASN yang sering terjadi, kata Azwardi, yaitu memberikan dukungan melalui media sosial atau media massa, melakukan pendekatan atau mendaftarkan diri pada salah partai politik, serta mendukung satu calon peserta Pilkada melalui kampanye atau bentuk lainnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meminta kepada seluruh ASN dan non ASN dapat terhindar dari konflik kepentingan politik, sehingga dapat mewujudkan netralitas ASN yang bermartabat, beretika, dan demokratis.

Hal ini sebagai upaya untuk menjaga situasi kondusif, keamanan, persatuan dan kesatuan bangsa

Bijak Menggunakan Media Sosial

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga memberi perhatian khusus kepada para ASN dan non ASN, agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah daerah mengingatkan agar ASN berhati-hati dalam menyebarkan berita, foto atau informasi yang berkaitan dengan salah satu calon peserta Pilkada, guna menghindari dugaan ketidaknetralan ASN.

“Insyaa Allah, melalui sinergi dan kolaborasi dari seluruh elemen terkait, penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Aceh Barat dapat berjalan damai, aman, sukses dan lancar,” pinta Azwardi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024