Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Sunawardi menerima penghargaan bergengsi TAPE Aceh Award dari The Asia Foundation (TAF), sebuah organisasi pembangunan internasional nirlaba yang berfokus pada peningkatan kehidupan dan perluasan kesempatan di Asia dan Pasifik. 

Penghargaan ini diserahkan oleh Pemerintah Aceh melalui Bappeda bekerjasama dengan The Asia Foundation dalam sebuah seminar dan lokakarya kebijakan insentif lingkungan hidup.

“Alhamdulillah, hari ini, pada momen Seminar dan Lokakarya Kebijakan Insentif Lingkungan Hidup di Aceh, saya menerima TAPE Aceh Award, penguatan kinerja pemerintah kabupaten/kota,” katanya di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Abdya, bersama enam kabupaten/kota lainnya di Provinsi Aceh, menerima penghargaan atas kinerja lingkungan hidup berdasarkan penilaian kinerja TAPE Aceh tahun 2023.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas adopsi kebijakan melalui mekanisme dan indikator kinerja lingkungan hidup yang sesuai dengan kebutuhan daerah, yang diakomodir melalui kebijakan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 56 Tahun 2022 tentang Kriteria dan Tata Cara Pemberian Insentif Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Tentu hal ini akan terus memotivasi kita semua dalam rangka keberpihakan anggaran Pemkab Abdya untuk pembangunan sektor lingkungan yang berkelanjutan. Dengan momentum ini pula, dapat dijadikan stimulan transfer anggaran dari APBA dan APBN serta sumber-sumber lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sunawardi menekankan pentingnya kerjasama yang solid antara berbagai pihak dalam mencapai prestasi tersebut.

“Prestasi ini diraih berkat kerjasama yang luar biasa antara seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) terkait dan Pemerintah Gampong di Kabupaten Abdya sejak tahun 2022 hingga 2024," ujarnya.

"Kita akan terus melaksanakan dan mengadopsi skema Transfer Anggaran Provinsi Kabupaten berbasis Ekologi (TAPE) untuk komitmen pembangunan di bidang lingkungan serta memperkuat kebijakan insentif fiskal ekologi melalui pengembangan pendanaan berkelanjutan serta indikator ekologi Pemerintah Daerah sesuai kebutuhan,” kata bupati, melanjutkan.

Acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di Banda Aceh ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi dan tokoh masyarakat, yang turut memberikan apresiasi atas pencapaian Pemerintah Kabupaten Abdya. 

Penghargaan TAPE Aceh Award ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta mendorong adopsi kebijakan yang mendukung pembangunan berkelanjutan.
 

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024