Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur melalui Dinas Syariat Islam menyeleksi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Kabupaten Pidie Jaya pada 2025.
 
Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi di Aceh Timur, Selasa, mengatakan seleksi dilakukan untuk memilih peserta yang mewakili daerah pada MTQ tingkat Provinsi Aceh tersebut.

"Peserta yang terpilih diikutsertakan dalam pembinaan dan selanjutnya menjadi kafilah MTQ mewakili Kabupaten Aceh Timur pada MTQ tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie Jaya tahun depan," katanya. 

Syahrizal Fauzi mengatakan pelaksanaan MTQ memberikan dampak positif dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al Quran. MTQ tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Quran.

MTQ juga untuk mengedukasi umat semakin mencintai dan membumikan Al quran. MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih harmonis dan terbuka, kata Syahrizal Fauzi . 

"Selain itu, MTQ juga sebagai bentuk dakwah menyempurnakan akhlak termasuk memperkuat tali silaturahmi antarumat," kata Syahrzial Fauzi menyebutkan. 

Ia berpesan kepada peserta seleksi memperdalam hal yang berkaitan dengan Al Quran, sehingga terpilih mewakili kafilah Kabupaten Aceh Timur pada MTQ tingkat provinsi nantinya.

"Kepada tim juri, kami berharap berikanlah penilaian terbaik dan objektif mungkin kepada peserta sesuai kemampuannya masing-masing. Dan kepada panitia pelaksana, diharapkan memberikan pelayanan terbaik selama proses seleksi berlangsung," kata Syahrzial Fauzi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024