Satuan Lalulintas (Lantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau para kepala desa atau keuchik untuk mengingatkan warga pemilik ternak agar tidak membiarkan ternaknya berkeliaran di jalan raya, karena dapat memicu terjadinya kecelakaan dan dapat dituntut sesuai hukum yang berlaku.

“Penting bagi para keuchik untuk memberitahu warga masing-masing agar tidak melepaskan hewan ternak di sembarang tempat, terutama di jalan raya, karena dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan dan dapat dituntut sesuai peraturan hukum yang berlaku,” kata Kapolres Abdya AKBP Agus Sulistianto melalui Kasat Lantas AKP Tri Andi Dharma di Blangpidie, Kamis.

Hal itu disampaikan AKP Tri Andi Dharma dalam osialisasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di Aula Kantor Camat Setia, Abdya, dalam rangka Operasi Zebra Seulawah 2024.

Ia menjelaskan bahwa ada lima faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas, yaitu faktor manusia, kendaraan, jalan, alam, dan hewan ternak di jalan. Maka sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para keuchik di Kecamatan Setia tentang pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Setia, Kapolsub Sektor Setia, Dapos Ramil Setia, Kepala UPTD Samsat Abdya, Jasaraharja Abdya, Satpol PP, para keuchik, Bhabinkamtibmas, dan petugas Samsat. Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang lebih baik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tercipta Kamseltibcarlantas yang lebih baik bagi masyarakat dan pengguna jalan raya di wilayah Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya.

Kasat Lantas juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, maka kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat dan angka kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir. 

“Kami berharap masyarakat dapat lebih sadar dan tertib dalam berlalu lintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua pengguna jalan,” ujarnya.

Selain itu, AKP Tri Andi Dharma juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya.

 “Keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama. Mari kita saling mengingatkan dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib,” ujarnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024