Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) cabang Muaythai direncanakan bergulir di GOR KONI Aceh di Banda Aceh, 20-25 November 2017.

"Pra-PORA ini harus kita upayakan semaksimal mungkin. Kita harus buktikan, meskipun terbilang cabang olahraga baru di Aceh, Muaythai akan mampu menyumbangkan prestasi untuk Aceh," kata Ketua Umum Pengprov Muaythai Aceh, Dahlan di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan penetapan praPora tersebut sesuai dengan hasil Rapat Kerja (Raker) Pengprov Muaythai Aceh tahun 2017 yang berlangsung di Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh.

Dahlan mengatakan rapat tersebut juga menyelesaikan buku panduan pelaksanaan Pra-PORA, yang diantara lain mengatur tentang nomor pertandingan, peraturan pertandingan, sistem pertandingan, pendaftaran hingga mekanisme protes saat pertandingan.

"Ini adalah pertamakalinya cabang Muaythai mulai dipertandingkan pada ajang Pra-PORA menuju seleksi PORA Aceh Besar tahun 2018," katanya.

Dahlan juga mengingatkan agar Pengcab-pengcab yang telah terbentuk untuk tetap aktif melakukan pembinaan dan menjaga eksistensi Muaythai di Aceh serta secara perlahan-lahan memperbaiki kekurangan yang ada.

Ia menambahkan hasil dari Pra-PORA dan PORA diharapkan akan dapat menjadi gambaran untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.  Pada tahun 2016, Muythai tampil sebagai cabang eksebisi pada PON XIX Jawa Barat.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017