Aceh Tamiang (ANTARA aceh) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh Tamiang Iris Atika, S.Psi. Psikolog apresiasi kerajinan Kraft karya Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kampung Dalam beberapa hari lalu. 

Hal tersebut disampai Iris menyangkut dengan indah dan halusnya pembuatan berbagai buah karya tangan para narapidana, seperti, bunga, rumah adat, kapal kapalan hingga pembuatan rumah adat Aceh yang sangat rumit, mampu dikerjakan oleh mereka dengan sangat sempurna. 

''Kita salut dan sangat apresiasi dengan hasil karya mereka, sebab dikerjakan seluruhnya dengan manual dan peralatan seadanya, tapi hasilnya sangat memukau. Ada beberapa produk yang saya ambil untuk dibawa dalam perlombaan tingkat nasional (inacraft) di Jakarta, ternyata banyak yang tertarik dan membelinya'', jelas Iris Atika kepada aceh.antaranews.com pagi tadi. 

Lebih jauh dijelaskan, Dekranas Aceh Tamiang sudah sangat dikenal dikancah nasional, mengingat produk karya yang disuguhkan penuh dengan inovatif dengan berbagai sentuhan modern dibalut seni tradisional. Dan sudah meraih berbagai predikat juara, untuk karya kabupaten Aceh Tamiang. 

Seperti kerajinan, enceng gondok, tenunan kain songket melayu, limbah kayu yang dijadikan berbagai produk layak jual dan kontes, sebab tingkat kehalusnya karyanya sudah mampu menembus pasar nasional. 

''Kita akan terus berkaya, hingga produk anak bangsa yang ada di bumi muda sedia ini, diakui secara nasional, baik kualitas dan inovasinya. Meski hari ini karya itu sudah dihargai dan mendapat penghargaan ditingkat nasional''. Jelas Iris Atika. 


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017