Meulaboh (ANTARA Aceh) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menyerahkan 467 berkas sistem informasi partai politik (Sipol) sebagai syarat mengikuti Pemilu 2019.

Ketua DPD Partai NasDem Aceh Barat, Said Muzhar, di Meulaboh, Jum'at, mengatakan, jumlah data Sipol yang diserahkan pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) itu sesuai dengan yang diinput Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada Komisi Pemilihan Umum(KPU).

"Berkas yang kita sampaikan hari ini (Jum'at) melebihi dari yang disyaratkan oleh KIP sebanyak 189, tujuannya agar kita bersih, manjaga agar tidak ada kesalahan data yang kita serahkan dengan data diinput DPP, supaya kita aman," sebutnya.

Mendaftar Sipol diterima langsung oleh Ketua KIP Aceh Barat, Bahagia Idris bersama para komisioner, Partai NasDem sebagai parpol lama, tidak lagi dilakukan verifikasi faktual, berbeda dengan parpol baru yang mendaftar sebagai peserta pada pemilu 2019.

Didampingi Sekretaris DPD Partai NasDem Aceh Barat, Hendri Safrizal, dijelaskan, setiap daerah pemilihan (dapil) di daerah mereka telah dipasang target minimal satu kursi, karena di Kabupaten Aceh Barat hanya memiliki kuota lima kursi di DPRK.

Namun yang pasti kata dia, NasDem Aceh Barat menargetkan perolehan suara sembilan persen dan targetkan minimal mendapatkan tiga kursi di legislatif, agar ada peningkatan dari jumlah kursi saat ini di DPRK Aceh Barat, hasil pemilu legislatif 2014.

"Setiap DP sudah ada target kursi, cuma karena kuota di Aceh Barat hanya lima kursi. Saat ini di DPRK kita baru ada satu kursi, karena itu pada pemilu 2019 target kami mendapatkan tiga kursi," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejak April 2017, DPD Partai NasDem Aceh Barat sudah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat mencalonkan diri sebagai kandidat, tanpa syarat khusus dan mahar, semua digeratiskan tanpa biaya apapun.

Hingga kini kata Said Muzhar, sudah ada 10 masyarakat di luar kepengurusan partai politik yang sudah mendaftarkan diri maju lewat Partai NasDem, pendaftaran akan terus terbuka secara luas bagi masyarakat di daerah itu hingga batas April 2018.

Dengan demikian, total calon legislatif Partai NasDem Aceh Barat juga sudah memiliki sejumlah caleg dari pengurus partai, kesemua pendaftar nantinya akan diseleksi atau berdasarkan poling internal partai tersebut.

"Siapapun bisa menjadi caleg NasDem, kami merekrut tanpa mahar, selembar matraipun tidak kita minta. Yang penting calon kita bisa berbaur, tapi, kita juga tidak mau orang-orang yang hanya menggunakan partai sebagai sampan," katanya menambahkan.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017