Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Pemerintah Provinsi Aceh menggelar rapat koordinasi, sinkronisasi dan sinergi program kerja yang diikuti seluruh perwakilan pejabat terkait dari 23 kabupaten/kota di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.
     
Rapat koordinasi dan sinkronisasi yang menghadirkan pemateri, Dr IrTaufik dan Lufti Firmansyah dari Dirjen Pembangunan Otonomi Daerah Kemendagri tersebut, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan, SDM dan Hubungan Kerja Sama, Drs Abdul Karim, M.Si mewakili Gubernur Aceh di Tapaktuan, Kamis.
     
Acara ini dihadiri Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra dan pejabat Forkopimda, perwakilan pejabat terkait dari kabupaten/kota se-Aceh serta sejumlah pejabat kepala SKPK setempat.
     
Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh Drs Surya Rayendra  pada kesempatan itu menyampaikan  rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk persamaan persepsi khususnya di bidang perencanaan,  penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan sehingga program-program pembangunan yang akan direncanakan di tahun 2018 akan bersinergi  antara program pembangunan pemerintah kabupaten/kota dengan provinsi.

"Melalui kegiatan ini juga akan diperjelas tentang tatacara pengendalian,  evaluasi dan pelaporan terhadap penggunaan anggaran yang telah digunakan untuk pelaksanaan program-program pembangunan di kabupaten/kota," ungkapnya.

Ia menambahkan, selanjutnya diwajibkan untuk menyampaikan laporan realisasi fisik dan keuangan sumber dana Otonomi Khusus (Otsus), APBK, DAK maupun anggaran bersumber dari tugas perbantuan (APBN) kepada Pemerintah Provinsi Aceh.

"Laporan ini nantinya akan terintegrasi antara Bappeda, Badan Pengelola Keungan dan Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh," paparnya.

Sementara, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH, dalam sambutannya menyampaikan  pada tahun 2013 Kabupaten Aceh Selatan pernah ditawarkan kerjasama sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat sinkronisasi dan sinergitas program kerja antara kabupaten/kota dengan Pemerintah Aceh, namun karena berbagai hal baru pada tahun 2017 ini terlaksana. 

"Kami mengajak semua pihak agar sama-sama mendukung program ini sesuai apa yang dicanangkan oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, agar dapat memacu laju pembangunan  Provinsi Aceh bersama setiap wilayah kabupaten/kota diseluruh sektor," kata Sama Indra.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017