Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Jajaran Korem 011 Lilawangsa bersama Kodim 0103 dan Polres Aceh Utara, melakukan ziarah bersama ke Makam Pahlawan Nasional Tjut Meutia di Kaki Bukit Geureudong Pase, Kecamatan Pirak Timur, Kabupaten Aceh Utara.

Ziarah ke Makam Tjut Meutia pada Kamis (3/11) dengan perjalanan lebih kurang empat jam atau berjarak 30 kilometer dari Lhokseumawe dengan medan yang berat.

Kehadiran mereka ke makam salah satu pahlawan nasional yang gugur pada 25 Oktober 1910 tersebut adalah untuk berziarah sekaligus berdoa bersama dalam rangka menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017.

"Tjut Meutia adalah salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia dari Aceh. Mewakili seluruh keluarga besar TNI/Polri, melakukan ziarah dan berdoa untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bagi rakyat Indonesia," kata Danrem 011 Lilawangsa Kol Inf Agus Firman Yusmono.

Danrem berharap, kepada seluruh prajuritnya agar selalu ingat akan jasa-jasa para pahlawan, selain berkorban hartanya, juga mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam melawan penjajah demi membela dan memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hingga kemerdekaan itu dapat rasakan.

Pada kesempatan itu juga, Danrem, Dandim dan Kapolres Aceh Utara, berencana akan mengajak Pemerintahan Kabupaten Aceh Utara dan instansi lainnya untuk memperhatikan lokasi makam pahlawan nasional tersebut, sekaligus memperbaiki akses jalan menuju lokasi makam agar mudah dikunjungi maupun diziarahi.

"Kondisi makam baik, fasilitasnya juga lengkap dan ada balai-balai untuk istirahat, hanya saja kurang terawat. Karena akses jalan hanya bisa dilalui roda dua, itupun jenis trail," katanya. 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017