Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 100 atlet dari semua cabang olahraga di Kabupaten Aceh Besar segera menjalani tes kebugaran jasmani dan kemampuan fisik untuk persiapan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XII/2018.

Sekretaris Umum KONI Aceh Besar, Yusran SPd MPd kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis menyatakan, tes tersebut merupakan tes susulan, karena belum mengikuti ketika digelar KONI Aceh Besar, Agustus 2017.

Tes akan digelar di komplek pusat olahraga Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (18/11). Sebelumnya sekitar 466 dari 566 atlet dari 28 cabang olahraga telah menjalani tes kebugaran dan kemampuan fisik.

Ia menyebutkan semua atlet yang dipersiapkan ke PORA harus mengikuti tes dasar kebugaran dan kemampuan fisik.

Yusran menjelaskan tes bagi atlet semua cabang olahraga untuk mengetahui ada atau tidaknya aktivitas latihan yang dilakukan atlet masing-masing cabang olahraga.

Ia mengungkapkan ada beberapa tahapan tes lagi yang akan dilakukan dalam persiapan atlet ke PORA yaitu tes perkembangan atlet pada pertengahan Desember.

"Dari tes ini kita mengetahui perkembangan atlet dalam menjalani latihan selama ini," ujarnya.

Selanjutnya, jelasnya lagi, tes dilakukan bulan Februari dan Mei 2018 untuk mengetahui perkembangan ketrampilan atlet di masing-masing cabang olahraga.

Sebutnya, saat tes ketrampilan pada Februari 2018 guna memasuki pemusatan latihan daerah (Pelatda) sebagai persiapan untuk bertarung dalam ajang multi even olahraga empat tahunan di Aceh Besar tahun 2018.

Ia menyatakan saat ini masih dijalur optimis Aceh Besar sebagai tuan rumah meraih target juara umum PORA.

"Aceh Besar dapat menjadi tuan rumah yang sukses, sekaligus sukses prestasi dengan target menjadi juara umum," katanya.

Aceh Besar sebagai tuan rumah PORA akan mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, anggar, angkat besi, arung jeuram, balap sepeda, bermotor, bulutangkis, bola voli, catur, dayung, drum band, futsal, karate, kempo.

Selanjutnya, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencat silat, renang, sepakbola, sepak takraw, selam, tarung derajat, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan, dan tinju.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017