Banda Aceh (ANTARA News Aceh) - Sebanyak 2.756 polisi, baik di jajaran Polda Aceh maupun kepolisian resor atau Polres di Provinsi Aceh ditugasi mengamankan tahun baru.

"Ada 2.756 personel yang ditugaskan untuk pengamanan tahun baru di seluruh Provinsi Aceh," kata Kepala Kepolisian RI Daerah (Kapolda) Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak di Banda Aceh, Minggu.

Pengamanan tersebut meliputi semuanya, baik rumah ibadah, ketertiban masyarakat maupun lalu lintas di jalan raya. Termasuk patroli di kawasan yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

Kapolda mengatakan, kepolisian di seluruh Aceh akan menggelar pasukan pengamanan tahun baru pada 31 Desember 2017 pukul 20.30 WIB. Gelar pasukan berlangsung dari tingkat Polda Aceh kepolisian resor di kabupaten/kota.

Jauh sebelum gelar pasukan tersebut, kata dia, kepolisian di Aceh sudah menggelar operasi kamtibmas seperti razia petasan, minuman keras, balapan liar, serta cipta kondisi lainnya.

"Operasi kamtibmas tersebut untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Selain itu juga mencegah terjadinya kejahatan," kata jenderal Polri berbintang dua tersebut.

Kepada masyarakat, Irjen Pol Rio Septianda Djambak mengimbau tidak merayakan malam tahun baru dengan hura-hura, tidak membakar petasan, dan meniup terompet yang hanya mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

"Kami juga mengimbau masyarakat menghormati pelaksanaan syariat Islam. Bagi masyarakat yang ada kegiatan di malam tahun baru, silakan melakukannya sepanjang tidak melanggar syariat Islam," kata Irjen Pol Rio Septianda Djambak. 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017