Tapaktuan (Antaranews Aceh) - Komandan Kodim 0107 Aceh Selatan, Letkol Kav Hary Mulyanto menghajak semua elemen masyarakat untuk menyuskseskan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018.

"Untuk menciptakan Pilkada yang aman, lancar, tertib, damai dan bermartabat itu perlu adanya partisipasi aktif semua elemen masyarakat," kata Letkol Kav Hary Mulyanto kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa.

Menurutnya, terdapat tiga elemen yang perlu melaksanakan peran dan fungsinya dengan sebaik-baiknya yakni penyelenggara pilkada (KIP dan Panwaslih), peserta pilkada (kontestan) dan pemilih (masyarakat).

Dia meyakini, jika penyelenggara pilkada yaitu KIP dan Panwaslih beserta jajarannya ke tingkat paling bawah seperti PPS dapat menjalankan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, maka pesta demokrasi lima tahunan di Aceh Selatan dipastikan akan berjalan aman, nyaman, damai dan bermartabat.

Demikian pula peserta pilkada (kontestan) atau pasangan calon (paslon), parpol pendukung/pengusung dan timses masing-masing paslon. Jika peran dan fungsi masing-masing pihak dijalankan dengan baik, maka akan dicapai pilkada yang aman, nyaman, damai dan bermartabat tersebut.

"Peran serta masyarakat selaku pemilih dan pemilik hak suara yang sah, sangat diperlukan bahkan menentukan sukses atau tidaknya pilkada. Jika semua pihak memiliki niat tulus dan ikhlas maka saya yakin Pilkada Aceh Selatan akan berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat," kata Hary Mulyanto.

Karena itu, ujar Dandim, pihaknya mengharapkan kepada ketiga komponen tersebut dapat menjalankan fungsinya masing-masing dengan keinginan dan niat tulus yang sama yaitu terwujudnya pilkada yang aman, nyaman, damai dan bermartabat di Aceh Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0107 Aceh Selatan kembali menegaskan bahwa jajaran TNI tetap menjaga netralitasnya dalam proses Pilkada 2018.

"Jajaran TNI Kodim 0107 Aceh Selatan saya pastikan akan tetap menjaga netralitasnya sesuai dengan peran dan tanggung jawab TNI. Hal itu sebagaimana arahan dan perintah tegas pimpinan TNI baik Pangdam maupun Panglima," katanya.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018